Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Martino: Messi Setuju Tak Main di Olimpiade

Pelatih Timnas Argentina Gerardo Martino menyatakan Lionel Messi telah setuju dengan keputusannya tidak melibatkan pemain FC Barcelona itu ke Olimpiade Brasil.
Lionel Messi dalam balutan jersey Argentina/Reuters-Enrique Marcarian
Lionel Messi dalam balutan jersey Argentina/Reuters-Enrique Marcarian

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih Timnas Argentina Gerardo Martino menyatakan Lionel Messi telah setuju dengan keputusannya tidak melibatkan pemain FC Barcelona itu ke Olimpiade Brasil pada Agustus mendatang.

Alasannya Martino tak melibatkan Messi di Olimpiade ialah terlalu banyak bermain yang berpotensi membuat sang pemain bintang itu terlalu lelah karena juga harus membela tim Tango di Copa America Centenario di Amerika Serikat pada 3 - 26 Juni.

Messi menjadi faktor penting bagi Argentina ketika meraih medali emas Olimpiade pada 2008, tapi kini tak ada peluang untuk mengulang memori indah itu karena Martino lebih mementingkan Copa America Centenario.

“Terlalu berlebihan memaksa Leo main di Olimpiade setelah sebelumnya membela timnas di Copa America. Saya mendiskusikan hal ini dengan Leo dan dia setuju dengan pemikiran saya,” kata Martino, yang juga mantan pelatih FC Barcelona.

Dia menambahkan bahwa keputusan tentang Messi ini mirip dengan perlakuan Brasil terhadap Neymar da Silva Jr., rekan Messi di Barcelona. Brasil memilih Neymar bermain di Olimpiade, tetapi tidak menyertakannya di Copa America Centenario.

Copa America merupakan turnamen antarnegara anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol). Tapi khusus dalam rangka memperingati 100 tahun digelarnya tunamen tersebut—dimulai pada 1916—maka Conmebol mengajak Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia (Concacaf) untuk ikut serta di edisi tahun ini.

Terdapat enam negara Concacaf yang terlibat dalam Copa America Centenario yakni tuan rumah Amerika Serikat, Meksiko, Kosta Rika, Jamaika, Panama, dan Haiti. Adapun 10 negara anggota Conmebol ialah Argentina, Bolivia, Brasil, Chile, Ekuador, Kolombia, Paraguay, Peru, Uruguay, dan Venezuela.

Argentina adalah juara Copa America 14 kali, hanya satu lebih sedikit daripada Uruguay. Adapun Brasil juara delapan kali, Paraguay dan Peru masing-masing dua kali, serta Chile, Kolombia, dan Bolivia masing-masing satu kali.

Di pentas Olimpiade, hanya dua negara Amerika Selatan yang pernah memenangi medali emas. Uruguay menjadi juara edisi 1924 dan 1928, sedangkan Argentina 2004 dan 2008.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Soccerway
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper