Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AFC Imbau FIFA Bantu Negara yang Kena Sanksi

AFC mengimbau FIFA untuk tetap memberi bantuan kepada asosiasi anggotanya yang sedang menjalani sanksi skorsing akibat intervensi pemerintah setempat.
Markas AFC di Kuala Lumpur/Soccerway
Markas AFC di Kuala Lumpur/Soccerway

Bisnis.com, JAKARTA - Asian Football Confederation (AFC) mengimbau Federation Internationale de Football Association (FIFA) untuk tetap memberi bantuan kepada asosiasi anggotanya yang sedang menjalani sanksi skorsing akibat intervensi pemerintah setempat.

Sebuah gugus tugas AFC bertemu di Kuala Lumpur pada Rabu (6/4/2016) untuk mendiskusikan masalah seperti campur tangan dalam tugas yang dijalankan asosiasi sepak bola suatu negara, seperti yang terjadi di Indonesia dan Kuwait.

Kedua negara tersebut terkena sanksi skorsing dari FIFA, badan sepak bola dunia, sejak tahun lalu.

"Asosiasi sepak bola yang menjadi anggota kami mendapat hukuman karena sesuatu di luar kendali mereka," kata Mariano V. Arfanet Jr dari Filipina yang memimpin pertemuan tersebut.

"Sanksi ini berdampak luar biasa bagi asosiasi, yang bukan hanya tidak bisa ikut pertandingan internasional tapi juga kehilangan bantuan dana dari FIFA untuk level grassroots mereka.

"Dampak selanjutnya adalah asosiasi sepak bola negara yang terkena sanksi itu kehilangan sponsor serta dana dari AFC dan FIFA, Dan lebih lanjut berakibat kerugian bagi para stafnya dan batalnya sejumlah proyek," katanya.

AFC meminta FIFA melakukan klarifikasi uraian sanksi untuk kasus intervensi pemerinah, yang menurut mereka bisa menghambat pertumbuhan sepak bola Asia.

Indonesia diskors pada Mei 2015 oleh FIFA sehingga kehilangan hak untuk tampil di kualifikasi Piala Dunia dan Piala Asia.

Sementara itu Kuwait yang terkena sanksi pada Oktober tahun lalu meski kehilangan peluang ke Piala Dunia 2018, namun mereka masuk dalam putaran ketiga kualifikasi Piala Asia 2019 yang akan diundi pada 12 April ini.

"Kita perlu mendukung asosiasi-asosiasi ini untuk memastikan bahwa sepak bola mereka tidak menjadi ketinggalan jauh. Kita juga perlu melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencegah intervensi pihak ketiga dalam asosiasi sepak bola anggota kita," kata Araneta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper