Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemilihan Presiden FIFA: Mourinho & Pemain Top Dukung Infantino

Sejumlah sosok papan atas sepak bola termasuk Jose Mourinho dan Luis Figo mendukung Sekjen UEFA Gianni Infantino untuk menjadi presiden FIFA.
Gianni Infantino/Reuters
Gianni Infantino/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah sosok papan atas sepak bola termasuk Jose Mourinho dan Luis Figo mendukung Sekjen Union of European Football Associations (UEFA) Gianni Infantino untuk menjadi presiden Federation Internationale de Football Association (FIFA).

Pada acara di Stadion Wembley London pada Senin waktu setempat (1/2/2016), Infantino, yang berupaya untuk menggantikan Sepp Blatter pada pemungutan suara pada 26 Februari, didampingi sejumlah nama populer.

Kesempatan itu digunakannya untuk memaparkan berbagai rencananya untuk 90 hari pertama seandainya ia terpilih sebagai presiden FIFA.

Mourinho, yang dipecat sebagai pelatih Chelsea pada Desember, dan Figo, mantan kandidat presiden FIFA, bergabung dengan sejumlah figur termasuk mantan pelatih timnas Inggris dan AC Milan Fabio Capello, legenda Brasil Roberto Carlos, dan mantan kapten Spanyol Fernando Hierro.

Mencermati tantangan-tantangan yang dihadapi FIFA, yang dihantam skandal korupsi terbesar dalam sejarahnya, Infantino menyatakan ugas utamanya adalah mengembalikan sepak bola ke FIFA dan FIFA ke sepak bola.

"Citra FIFA harus tumbuh dan kembali ke puncak lagi, dan kita hanya dapat melakukan hal ini jika kita hidup dan bernafaskan sepak bola dan bekerja 2.000 persen untuk sepak bola. Legenda-legenda yang ada di sini ini merupakan testimoni untuk cinta yang kita semua miliki untuk sepak bola."

Mantan bintang Real Madrid, Barcelona, dan Portugal Figo berpendapat saat ini momen krusial.  Orang perlu berpikir apakah ingin sejumlah hal terus berlanjut pada situasi ini atau ingin perubahan. Jika Anda melihat kandidat lain, maka dia (Infantino) sosok tepat untuk membuat perubahan."

Infantino, 45 tahun, menghadapi persaingan dari presidan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) Sheikh Salman bin Ebrahim Al-Khalifa asal Bahrain, pengusaha asal Afrika Selatan Tokyo Sexwale, Pangeran Ali bin Hussein asal Yordania yang merupakan mantan wakil presiden FIFA, dan mantan ofisial FIFA Jerome Champagne asal Prancis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/AFP

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper