Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mantan Bek Portugal Abel Faisal Xavier Melatih Timnas Mozambik

Mantan bek Timnas Portugal Abel Faisal Xavier ditunjuk sebagai pelatih Timnas Mozambik.
Abel Faisal Xavier/Daily Mail
Abel Faisal Xavier/Daily Mail

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan bek Timnas Portugal Abel Faisal Xavier ditunjuk sebagai pelatih Timnas Mozambik untuk ‘menghidupkan’ kembali tim tersebut setelah tersingkir dari Pra-Piala Dunia 2018 dan kalah dalam dua pertandingan awal babak kualifikasi Piala Afrika 2017.

Xavier, yang memasukkan nama Faisal setelah masuk Islam segera setelah pensiun dari Timnas Portugal pada pertengahan 2000-an, lahir di Nampula, Mozambik, 43 tahun silam, tetapi memilih memperkuat Portugal yang menjajah Mozambik. Dia mencatatkan 20 caps bersama Timnas Portugal.

Timnas negara kelahirannya memutuskan untuk mengontrak mantan pemain belakang tersebut untuk kerja sama berdurasi 2 tahun, demikian pernyataan resmi Federasi Sepak Bola Mozambik (Federação Moçambicana de Futebol/MFM) pada Selasa (27/1/2016).

Abel Luis da Silva Costa Xavier, demikian nama kelahirannya, sebelumnya hanya melatih tim-tim dari Divisi 2 Portugal yakni Olhanense, Farense, dan Desportivo Aves.

Sebagai pemain dia pernah merumput bersama sejumlah tim besar seperti Benfica (Portugal), Everton, Liverpool, Middlesbrough (Inggris), PSV Eindhoven (Belanda), AS Roma, Bari (Italia), Real Oviedo (Spanyol), Hannover 98 (Jerman, dan mengakhiri kariernya di Los Angelses Galaxy (AS) pada 2008.

Mozambik telah tersingkir dari Pra-Piala Dunia 2018 zona Afrika setelah kalah melalui adu penalti di fase kedua dari Gabon, yang diperkuat pemain terbaik Afrika 2015 Pierre-Emerick Aubameyang yang juga ujung tombak klub Bundesliga Jerman Borussia Dortmund.

Di babak kualifikasi Piala Afrika 2017, Mozambik menelan kekalahan dalam dua pertandingan pembuka masing-masing dengan skor 0-1 dari dua tim yang kekuatan sepak bolanya di Afrika selama ini terhitung minoritas yakni Rwanda di kandang sendiri dan ketika melawat ke Mauritius.

Satu kontestan lain di Grup H babak kualifikasi ialah tim kuat Ghana yang tentu saja semakin menyulitkan Mozambik untuk bersaing berebut satu tiket otomatis ke putaran final Piala Afrika 2017 yang digelar di Gabon pada Januari dan Februari tahun depan.

Faisal Xavier akan memulai tugasnya sebagai pelatih kepala Mozambik ketika bertamu ke Ghana dalam matchday ketiga babak kualifikasi Piala Afrika 2017 yang dijadwalkan berlangsung di Accra pada 23 Maret 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper