Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Haiti & Panama Lolos Terakhir ke Copa America Centenario

Haiti dan Panama menjadi dua tim terakhir dari zona Amerika Utara, Tengah, dan Karibia (Concacaf) yang lolos sebagai tim tamu ke putaran final Peringatan 100 Tahun Copa America yang sejatinya merupakan milik Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol).
Copa America 2016/Soccernation.com
Copa America 2016/Soccernation.com

Bisnis.com, JAKARTA - Haiti dan Panama menjadi dua tim terakhir dari zona Amerika Utara, Tengah, dan Karibia (Concacaf) yang lolos sebagai tim tamu ke putaran final Peringatan 100 Tahun Copa America yang sejatinya merupakan milik Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol).

Dalam pertandingan penentuan, Haiti menundukkan Trinidad & Tobago dengan skor tipis 1-0, sedangkan Panama menghantam Kuba dengan skor telak 4-0.

Pelaksanaan turnamen Peringatan 100 Tahun Copa America melibatkan negara-0negara anggota Concacaf dan untuk pertama kalinya digelar di luar Amerika Selatan, yakni di Amerika Serikat, yang dijadwalkan berlangsung pada 3 Juni - 26 Juni dengan final digeber di Stadion Metlife di New Jersey.

Sebanyak 10 anggota Conmebol ditambah dengan enam negara anggota Concacaf bertarung dalam Copa America Centenario ini. Keenam negara zona Concacaf itu antara lain Amerika Serikat sebagai tuan rumah yang lolos otomatis dan Meksiko juga lolos otomatis karena peringkat FIFA-nya (23) memang tertinggi di Concacaf.

Keempat kontestan lain dari zona Concacaf yang lolos ke Copa Americana Centenario ialah Kosta Rika sebagai juara Copa Centroamericana 2014 (turnamen antarnegara Amerika Tengah), Jamaika sebagai juara Piala Karibia (turnamen antarnegara Karibia), serta Haiti dan Panama yang lolos dari play off.

Adapun 10 negara anggota Conmebol ialah tuga negara juara dunia yakni Brasil, Uruguay, dan Argentina serta tujuh lainnya adalah Bolivia, Chile, Ekuador, Kolombia, Paraguay, Peru, dan Venezuela.

Chile merupakan juara bertahan turnamen ini. Alexis Sanchez dan kawan-kawan menundukkan Argentina dengan skor 4-1 melalui adu penalti setelah selama 120 menit bermain imbang tanpa gol di Santiago de Chile pertengahan 2015. Itu gelar pertama Chile di sebuah turnamen besar.

Sementara itu, Uruguay menjadi juara terbanyak Copa America yakni 15 kali, satu lebih banyak dibandingkan dengan Argentina. Brasil ‘hanya’ sembilan kali menjuarai turnamen yang digelar pertama kali pada 1916 di Argentina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper