Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tiga Pesepakbola Terbaik di Asia Versi FIFA

Penyerang Uni Emirat Arab (UEA) Ahmed Khalil dinobatkan FIFA jadi pesepakbola terbaik Asia dalam seremoni mewah di India pada Minggu (29/11/2015).
Ahmed Khalil pesepakbola terbaik di Asia versi FIFA/t7channel.com
Ahmed Khalil pesepakbola terbaik di Asia versi FIFA/t7channel.com

Bisnis.com, JAKARTA-- Penyerang Uni Emirat Arab (UEA) Ahmed Khalil dinobatkan FIFA jadi pesepakbola terbaik Asia dalam seremoni mewah di India pada Minggu (29/11/2015).

Dia mengalahkan pesaingnya, yakni kompatriotnya Omar Abdulrahman dan Zheng Zhi asal China. Merekalah tiga pesepakbola terbaik di Asia tahun ini.

Khalil dihujani confetti setelah dia menerima penghargaan dari para petinggi sepak bola Asia dan kandidat pemimpin FIFA Sheikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa pada acara di Gurgaon, dekat New Delhi.

Enam gol dari mantan pemain terbaik Asia level junior ini membawa Al Ahli menuju final Liga Champions AFC untuk berhadapan dengan Guangzhou Evergrande, dan ia juga menjadi kunci bagi UEA untuk dapat finis di peringkat ketiga pada Piala Asia yang berlangsung pada Januari.

"Perasaan saya adalah sesuatu yang tidak dapat saya jelaskan... Penghargaan ini bermakna banyak bagi saya. Pencapaian ini bukan untuk Ahmed, ini untuk semua orang di Emirates," kata Khalil kepada para pewarta.

Kemenangan Khalid menggagalkan kapten Evergrande dan Tiongkok Zheng untuk meraih penghargaan Pemain Terbaik Asia untuk kedua kalinya, dan juga berarti kekecewaan bagi Abdulrahman, yang memiliki nama panggilan "Amoory."

Pengatur permainan itu tampil menawan di Piala Asia, namun penampilan Khalid di Liga Champions AFC membuat ia sedikit lebih menonjol.

Dia juga mencetak sepuluh gol pada perjalanan kualifikasi UEA untuk Piala Dunia 2018, mendongkrak harapan agar negara itu dapat tampil untuk kedua kalinya di pesta sepak bola terbesar di dunia setelah berpartisipasi di Italia pada 1990.

Penghargaan Khalid didapatnya sepekan setelah kejadian-kejadian emosional ketika ia digantikan karena kelelahan ketika Al Ahli kalah 0-1 dari Evergrande di leg kedua final Liga Champions AFC.

"Saya senang untuk mendapatkan penghargaan ini untuk masyarakat UEA dan sepak bola UEA dan klub Al Ahli... Saya berterima kasih kepada manajemen Al Ahli dan tim nasional. Mereka membantu saya mencapai tonggak ini," ucapnya.

Di antara penghargaan-penghargaan lain, Ange Postecoglou dinobatkan sebagai pelatih terbaik setelah membawa Australia meraih gelar Piala Asia pada Januari, dan "Socceroos" juga menjadi tim terbaik pria. "Ini merupakan tahun hebat bagi sepak bola Australia," kata Postecoglou.

"Saya rasa penghargaan ini bukan hanya untuk saya namun semua orang yang benar-benar bekerja keras, dan bukan hanya timnas namun keseluruhan organisasi."

Penyerang Korea Selatan yang bermain di Tottenham Hotspur Son Heung Min terpilih sebagai pemain internasional terbaik, dan penyerang Evergrande asal Brasil Ricardo Goulart merupakan pemain asing terbaik.

Di bawah peraturan-peraturan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), hanya pesepakbola yang menghadiri acara pemberian penghargaan yang berhak menerima penghargaan sebagai pemain terbaik Asia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper