Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Drogba: Chelsea Rapuh Karena Krisis Kepemimpinan

Mantan pemain Chelsea FC Didier Drogba menilai juara bertahan Liga Primer Inggris itu kehilangan sosok pemimpin di lapangan hijau sebagai penyebab rontoknya kinerja The Blues sepanjang musim ini.
Didier Drogba ketika bersama Chelsea/Reuters-Phil Noble
Didier Drogba ketika bersama Chelsea/Reuters-Phil Noble

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan pemain Chelsea FC Didier Drogba menilai juara bertahan Liga Primer Inggris itu kehilangan sosok pemimpin di lapangan hijau sebagai penyebab rontoknya kinerja The Blues sepanjang musim ini.

Skuat besutan pelatih asal Portugal Jose Mourinho itu masih terus berjuang mencapai penampilan terbaiknya dan kini duduk di peringkat ke-14 setelah 14 pertandingan dengan koleksi nilai 15.

John Terry dan kawan-kawan hanya bisa bermain imbang tanpa gol melawan tuan rumah Tottenham Hotspur pada pertandingan pekan ke-14 Liga Primer yang berlangsung pada Minggu (29/11/2015).

Chelsea memenangi dua pertandingan sebelumnya, namun hanya ketika menghadapi tim-tim lemah yakni dengan skor 1-0 atas Norwich City di Liga Primer dan 4-0 atas klub Israel Maccabi Tel Aviv di Liga Champions Eropa.

Drogba menyatakan ketiadaan karakter kuat di ruang ganti pakaian kecuali John Terry merupakan salah satu alasan kuat sehingga prestasi Chelsea musim ini jeblok dan tim pun menghadapi berbagai kesulitan.

“Selama saya di Chelsea, kami punya sejumlah tokoh berkarakter pemimpin. Bukan hanya tahun lalu, tapi musim-musim sebelumnya juga,” ungkap mantan pemain Timnas Pantai Gading itu kepada The Sun.

Dia memerinci tokoh-tokoh dengan karakter kuat sebagai pemimpin itu, selain John Terry, ialah Frank Lampard, Petr Cech, John Terry, Michael Ballack, Michael Essien, Andriy Shevchenko, Claude Makelele, dan dirinya sendiri.

“Itu deretan nama besar dengan karakter besar. Kami biasa mengambil tanggung jawab dan mengubah situasi pada saat-saat buruk termasuk ketika terjadi perubahan dari manajer ataupun saat kami menuai hasil yang jelek,” ujar pemain yang kini merumput bersama klub Kanada Montreal Impact itu.

Dia menambahkan bahwa memang masih ada John Terry, namun sang kapten itu hanya sendirian sebagai pemain dengan karakter kuat sebagai pemimpin sehingga itu sangat menyulitkannya.

“Harus ada pemain lain yang punya mentalitas seperti itu. Mentalitas begitu bukan datang dengan dilahirkan, namun anda harus membangun diri anda,” kata Drogba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Soccerway

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper