Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HASIL PIALA DUNIA U-17: Nigeria Jumpa Mali di Final

Dua tim dari Afrika, Nigeria dan Mali, bertemu dalam pertandingan final Piala Dunia U-17 setelah menaklukkan lawan-lawannya dalam laga semifinal di Chile yang berlangsung pada Jumat pagi WIB (6/11/2015).
Timnas Nigeria U-17 berpeluang mempertahankan gelar Piala Dunia U-17 di Chile/fifa.com
Timnas Nigeria U-17 berpeluang mempertahankan gelar Piala Dunia U-17 di Chile/fifa.com

Bisnis.com, JAKARTA - Dua tim dari Afrika, Nigeria dan Mali, bertemu dalam pertandingan final Piala Dunia U-17 setelah menaklukkan lawan-lawannya dalam laga semifinal di Chile yang berlangsung pada Jumat pagi WIB (6/11/2015).

Nigeria, yang merupakan juara bertahan dalam turnamen ini, berhasil menekuk finalis 2 tahun lalu Meksiko—yang dikalahkannya dengan skor telak 3-0 di Uni Emirat Arab dalam laga puncak edisi 2013—dengan skor 3-0.

Dalam pertandingan semifinal edisi musim ini yang digelar di Stadion Municipal Alcaldesa Ester Roa Rebolledo di Kota Concepcion, Nigeria sukses mengatasi perlawanan Meksiko dengan skor 4-2.

Kevin Magana lebih dulu membawa Meksiko unggul pada menit ke-7, tapi Nigeria membalikkan skor menjadi keunggulan 2-1 lewat kontribusi Kelechi Nwakali pada menit ke-35 dan Orji Orkwonkwo 2 menit menjelang turun minum. Skor 2-1 untuk Nigeria bertahan hingga jeda.

Memasuki babak kedua, pada menit 59 Diego Cortes membuat gol penyeimbang bagi Meksiko, namun lagi-lagi ‘perbuatan’ skuat besutan pelatih Mario Arteaga itu dibalas dengan dua gol oleh Nigeria yang dilatih Emmanuel Amunike, mantan pemain Timnas Nigeria yang ikut bermain dalam Piala Dunai 1994.

Dengan kemenangan itu, Nigeria berpeluang merebut gelar juara kelima kali sepanjang sejarah turnamen ini digelar.

Nigeria adalah juara terbanyak turnamen ini yakni lima kali, lebih banyak ketimbang Brasil Brasil yang tiga kali juara (1997, 1999, 2003), Ghana dua kali (1991, 1995), Meksiko (2005, 2011), serta empat tim masing-masing sekali juara yakni Uni Soviet (1987), Arab saudi (1989), Prancis (2001), dan Swiss (2009).

Dalam pertandingan final kali ini, Nigeria akan berhadapan dengan sesama tim dari Afrika, Mali, yang dalam semifinal lainnya menang atas Belgia dengan skor 3-1.

Bertarung di Stadion La Portada di Kota La Serena, Mali lebih dulu tertinggal ketika pada menit ke-16 pemain Belgia Dante Rigo membuka skor. Namun hanya berselang 6 menit kemudian Boubacar Traore mencetak gol balasan untuk Mali.

Memasuki babak kedua, Mali menyegel kemenangan dengan dua gol tambahan melalui Sikidi Maiga pada menit ke-55 dan Sekou Koita 7 menit menjelang laga usai.

Nigeria dan Mali akan berhadapan dalam final yang dijadwalkan berlangsung pada Senin (11/11/2015) mulai pk. 05:00 WIB di Stadion Sausalito di Vina del Mar. Sementara pertandingan perebutan tempat ketiga antara Belgia dan Meksiko akan digeber 3 jam sebelumnya di tempat yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : FIFA.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper