Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Komentar Pendukung Persib Soal Lokasi Final Piala Presiden 2015

Final Piala Presiden Persib Vs Sriwijaya FC: Ini Komentar Pendukung Persib
Bobotoh Persib Bandung/Antara
Bobotoh Persib Bandung/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua umum "Viking" -kelompok suporter Persib Bandung- Heru Joko meminta panitia pelaksana final Piala Presiden lebih bijak menentukan tempat untuk perhelatan final Minggu (18/10) nanti.

Pasalnya, rencana panitia pelaksana menetapkan Stadion Gelora Bung Karno Jakarta sebagai tempat final Persib Bandung kontra Sriwijaya FC dianggap berisiko mengingat buruknya hubungan antara bobotoh -pendukung Persib- dengan Jakmania -pendukung Persija Jakarta- yang selama ini memang kerap menggunakan GBK sebagai "homebase"-nya.

"Namanya juga masuk wilayah orang yang selama ini hubungannya kurang baik. Ya saya harap karena tempat final belum pasti panitia pelaksana bisa memperhitungkan lagi baik buruknya," kata Heru usai menghadiri rapat kesiapan final Piala Presiden di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa.

Menurut dia, meski antusiasme bobotoh cukup besar menghadiri laga final nanti, kesulitan akomodasi sudah dirasakan pihaknya sejak rencana perhelatan final di GBK tersebar di media.

"Kalau di Jakarta, PO Bus enggak ada yang mau menyewakan bus-nya. Mereka trauma dengan insiden di sepanjang tol Jakarta yang terjadi saat pendukung Persib pulang dari Palembang usai menyaksikan final Indonesia Super League tahun lalu. Sebenarnya 80 ribu bobotoh siap membirukan laga final, tapi kalau enggak ada kendaraannya masa mau jalan kaki?," ucap dia.

Kendati begitu, Heru mengaku menyerahkan semua keputusan terhadap Pananitia pelaksana dan pihak keamanan.

Yang jelas, jika laga final tetap dilaksanakan di GBK, pihak keamanan dalam hal ini Kepolisian harus menjamin pertandingan aman dari gangguan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

"Tadi sudah lihat sejauh mana data kesiapan (Polda) dan memang saya lihat Polda serius mengamankan laga ini. Tinggal lihat pelaksanaannya nanti, karena ini menyangkut sepakbola Indonesia dan nama baik orang banyak," kata dia.

Panitia pelaksana pun, lanjut Heru harus siap bertanggung jawab dan mengantisipasi ketika terjadi gangguan keamanan di laga final nanti.

"Mungkin sampai asuransi jiwa dan biaya kerusakan. Untuk mempersiapkan laga final ini memang kerjasama seluruh pihak mesti dilakukan," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper