Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadwal Kualifikasi Euro 2016: Kroasia Pemilik Tiket Otomatis Terakhir?

Pertandingan babak kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2016 segera memasuki hari terakhir. Tiga grup yang masing-masing menggelar tiga pertandingan ialah Grup A, B, dan H.
Pelatih Timnas Kroasia Ante Cacic/Reuters-Antonio Bronic
Pelatih Timnas Kroasia Ante Cacic/Reuters-Antonio Bronic

Bisnis.com, JAKARTA - Pertandingan babak kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2016 segera memasuki hari terakhir. Tiga grup yang masing-masing menggelar tiga pertandingan ialah Grup A, B, dan H.

Menyimak klasemen ketiga grup hingga matchday kesembilan, di Grup A tinggal menentukan nasib tim mana yang akan menghuni peringkat ketiga dalam susunan klasemen akhir.

Sementara dua tiket otomatis langsung ke putaran final telah menjadi milik Eslandia dan Republik Ceska yang sudah memastikan ada di posisi pertama dan kedua.

Belanda harus menang atas Republik Ceska sambil berharap Turki kalah dari Eslandia pada saat bersamaan agar Oranje menduduki posisi ketiga klasemen akhir dan masuk ke jalur play off melawan tim peringkat tiga dari grup lain untuk berebut selembar tiket ke putaran final di Prancis tahun depan.

Di Grup B, dua tiket langsung ke Prancis telah menjadi milik Belgia dan Wales. Sedangkan posisi peringkat ketiga masih diperebutkan oleh Bosnia-Herzegovina (nilai 14), Israel (13), dan Siprus (12).

Bosnia-Herzegovina memiliki peluang terbesar untuk mengakhiri fase grup di posisi ketiga karena hanya akan bertamu ke Siprus yang di atas kertas mestinya bisa ditaklukkan oleh skuat asuhan pelatih Mehmed Bazdarevic.

Jika menang atas Siprus, sekalipun Israel tampil mengejutkan dengan mengalahkan tuan rumah Belgia, maka Bosnia-lah yang lolos ke Prancis.

Grup H menjadi satu-satunya grup yang masih memperebutkan selembar tiket otomatis atau langsung ke putaran final di Prancis dengan status juara dan runner up grup, bukan melalui jalur play off antartim peringkat ketiga.

Peta di Grup H, Italia telah lolos dengan koleksi nilai 21 dan untuk sementara menempati peringkat teratas. Norwegia di peringkat kedua dengan nilai 19, disusul Kroasia dengan 17 angka, sedangkan tiga tim lain yakni Bulgaria (nilai 8), Azerbaijan (6), dan Malta (2).

Jadi, Norwegia dan Kroasia akan berebut satu tiket otomatis langsung ke putaran final di Prancis. Dengan Norwegia harus bertemu tuan rumah Italia sementara Kroasia hanya akan bertandang ke Malta, kemungkinan sangat terbuka bagi Kroasia untuk mengakhiri klasemen di posisi kedua.

Hitungannya, 3 angka tidaklah sulit untuk didapat Kroasia, sedangkan Norwegia sangatlah sulit mereguk poin penuh di kandang Italia yang merupakan salah satu kekuatan sepak bola terbesar di level dunia bersama Brasil dan Jerman, dikukur dari jumlah ketiga negara itu mampu menjuarai Piala Dunia.

Bahkan, kalau pun Norwegia bisa memaksakan skor imbang di kandang Italia, tetapi Kroasia tetap tak terbendung di Malta, maka nilai keduanya sama-sama 20 dan Kroasia-lah yang berhak di posisi kedua karena unggul head to head skor 5-3 versus Norwegia dan juga unggul selisih gol.

Dengan demikian, Norwegia hanya akan masuk ke jalur play off antartim peringkat ketiga dengan menempati nilai terbaik kedua di bawah Hongaria di Grup F yang telah dipastikan ikut langsung masuk secara otomatis ke putaran final bersama 18 tim juara dan runner up setiap grup.

Jadwal lengkap pertandingan hari terakhir kualifikasi Euro 2016 yang seluruhnya berlangsung pada Rabu (14/10/2015) mulai pk. 01:45 WIB.

Grup A: Latvia vs Kazakhstan; Belanda vs Republik Ceska; Turki vs Eslandia

Grup B: Belgia vs Israel; Siprus vs Bosnia-Herzegovina; Wales vs Andorra

Grup H: Bulgaria vs Azerbaijan; Italia vs Norwegia; Malta vs Kroasia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper