Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pique: Fabregas Pionir dan Teladan, 100 Caps untuk Spanyol

Bek tengah Spanyol dan Barcelona Gerard Pique memuji Cesc Fabregas sebagai pionir di antara para pemain klub dari Iberia itu, di mana gelandang Chelsea tersebut sebentar lagi akan mencatatkan penampilan ke-100 untuk La Roja.
Cesc Fabregas/Reuters
Cesc Fabregas/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Bek tengah Spanyol dan Barcelona Gerard Pique memuji Cesc Fabregas sebagai pionir di antara para pemain klub dari Iberia itu, di mana gelandang Chelsea tersebut sebentar lagi akan mencatatkan penampilan ke-100 untuk La Roja.

Fabregas, 28 tahun, merupakan salah satu ekspor tersukses dari Spanyol ketika meninggalkan Barcelona pada usia 16 tahun untuk bergabung dengan Arsenal, den Pique mengatakan rekannya itu telah menjadi teladan bagi siapa pun yang mengikutinya pergi ke Inggris.

Fabregas pulang ke Barca pada 2011 sebelum kembali bermain di Liga Primer Inggris untuk bergabung dengan Chelsea 3 tahun kemudian.

Jika dia bermain pada kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2016 Grup C melawan Luksemburg dan pada pertandingan melawan Ukraina tiga hari kemudian, dia akan mencapai 100 penampilan untuk timnas.

Pique, 28 tahun,  merupakan rekan Fabregas di akademi Barcelona dan pindah ke Manchester United pada 2004, sebelum pulang kampung ke klub masa kecilnya pada 2008.

"Cesc pionir dalam kepergiannya ke London pada usia 16 tahun. Belakangan sebagian dari kami pergi (juga ke Inggris) dan dia menjadi teladan bagi banyak pemain," kata Pique kepada Marca Radio pada Kamis dini hari WIB (8/10/2015).

"Ia sosok pemenang. Kami telah saling mengenal sejak kami masih sangat muda dan jika Cesc tidak menang, dia mungkin tidak akan berbicara kepada Anda selama seharian dan tidak mengangkat panggilan telpon dari Anda."

Fabregas melakukan debut Spanyolnya pada laga persahabatan melawan Pantai Gading di Valladolid pada Maret 2006 dan memainkan peran kunci saat negaranya berhasil menjuarai Piala Eropa dua kali berturut-turut pada 2008 dan 2012, dan kesuksesan perdana di Piala Dunia pada 2010.

Penaltinya untuk memenangi adu penalti atas Italia pada perempat final Piala Eropa 2008 disebut-sebut sebagai titik balik peruntungan Spanyol, dan mereka mengakhiri berpuluh-puluh tahun tanpa prestasi dengan menang 1-0 atas Jerman pada final yang dimainkan di Wina.

 

"Saya akan sangat senang untuk mencapai tonggak sejarah (100 penampilan timnas) itu, mudah-mudahan itu terjadi. Ketika saya pergi ke London, itu perubahan besar namun saya selalu jelas bahwa tujuan saya adalah menjadi pesepak bola," kata Fabregas.

Pique: Fabregas Pionir dan Teladan, 100 Caps untuk Spanyol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper