Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lewandowski Cetak 101 Gol di Bundesliga

Robert Lewandowski telah mencetak 101 gol sepanjang keterlibatannya di pentas liga utama Jerman, Bundesliga.
Robert Lewandowski/Reuters-Kai Pfaffenbach
Robert Lewandowski/Reuters-Kai Pfaffenbach

Bisnis.com, JAKARTA - Robert Lewandowski telah mencetak 101 gol sepanjang keterlibatannya di pentas liga utama Jerman, Bundesliga.

Dia mengangkat jerseynya untuk memperlihatkan tulisan angka 100 di kaos dalamnya kepada para penonton sebagai bentuk perayaan gol ke-100-nya di Bundesliga ketika mencetak gol pertama Bayern Munchen ke gawang Mainz 05 pada menit ke-51.

Kapten Timnas Polandia itu mencetak gol kedua berselang 12 menit kemudian. Bayern Munchen akhirnya menang dengan skor 3-0 setelah Kingsley Coman mencetak gol pada menit 68.

Jumlah 101 gol di Bundesliga itu dihasilkan Lewandowski untuk dua klub. Dia mengontribusi 74 gol dalam 131 pertandingan—atau rata-rata 0,56 gol per pertandingan—sepanjang 4 tahun bermain untuk rival berat Bayern, Borussia Dortmund.

Sejak pindah pada 2014 ke Bayern Munchen, Lewandowski telah bermain dalam 37 pertandingan dan menghasilkan 27 gol atau rata-rata 0,73 gol per pertandingan.

Lewandowski bermain di tim junior klub kondang Polandia Legia Warsawa hingga usia 18 tahun. Setelah itu Lewandowski memulai karier profesionalnya bersama Znicz Pruszkow di mana dia mencetak 36 gol dalam 59 penampilan atau rata-rata 0,61 gol per pertandingan selama 2006-2008.

Pada 2008 hingga 2010 dia berkostum Lech Poznan, yang seperti Legia juga merupakan kekuatan tradisional sepak bola Polandia. Bersama Lech Poznan, Lewandowski mencetak 32 gol dalam 58 pertandingan atau rata-rata 0,55 gol per pertandingan.

Kehebatannya di klub-klub Polandia itulah yang membuat Dortmund tertarik memboyongnya dan setelah 3 tahun bersama Dortmund, Bayern Munchen mengincarnya. Namun Lewandoswki baru merealisasikan kepindahannya ke Munchen setelah melewati empat musim bersama Dortmund.

Perpindahan ke klub yang kental dengan rivalitas dan sempat tertunda selama setahun sejak Munchen mengincarnya itu memicu kemarahan besar dari fans fanatik Borussia Dortmund. Bahkan hingga hari ini pun mereka belum bisa menerima kepindahan Lewandowski ke Bayern Munchen.

Meskipun mencetak 101 gol di Bundesliga tentu merupakan torehan luar biasa, tetap saja pencapaian Lewandowski itu belum ada apa-apanya dengan catatan rekor gol terbanyak yang dibuat oleh pemain legendaris Gerd Muller yang mencetak 365 gol di liga utama Jerman itu pada rentang waktu 1965 hingga 1979, seluruhnya untuk Bayern Munchen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Daily Mail
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper