Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PRA-PIALA DUNIA 2018: Malaysia Kalah 0-10, Myanmar 0-9, Laos 0-8, Timor Leste 0-7

Tim-tim dari Asia Tenggara menjadi korban pembantaian besar-besaran oleh tim-tim dari kawasan Timur Tengah dan Asia Timur dalam lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2018 yang juga sekaligus kualifikasi Piala Asia 2019.
Dollah Salleh mencatatkan hasil terburuk dalam sejarah sepak bola Malaysia/Reuters
Dollah Salleh mencatatkan hasil terburuk dalam sejarah sepak bola Malaysia/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Tim-tim dari Asia Tenggara menjadi korban pembantaian besar-besaran oleh tim-tim dari kawasan Timur Tengah dan Asia Timur dalam lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2018 yang juga sekaligus kualifikasi Piala Asia 2019.

Hasil di Timur Tengah, dalam rangkaian pertandingan yang berlangsung hingga Jumat pagi WIB (4/9/2015), Uni Emirat Arab (UEA) menghabisi Malaysia 10-0, Kuwait menelan Myanmar 9-0, Arab Saudi melumat Timor Leste 7-0.

Sementara itu korban-korban keganasan tim-tim Asia Timur ialah Kamboja yang disikat Jepang 0-3 dan Laos diganyang Korea Selatan 0-8.

Bagi Malaysia dan Myanmar, kekalahan dengan skor mencolok itu menjadi rekor terburuk yang pernah dialaminya.

Di Stadion Mohammed Bin Zayed di Abu Dhabi, pasukan asuhan Dollah Salleh menerima 10 gol tanpa mampu membalas saru gol pun. Ahmed Khalil mencetak 4 gol, Ali Ahmed Mabkhout membuat hattrick, sementara tiga gol lainnya dikontribusi Mohanad Salem Marzuki, Habib Fardan Abdualla, dan Mohammed Ahmad.

Ini merupakan kekalahan keduayang juga dengan skor telak setelah Juni lalu dihabisi Palestina dengan skor 0-6 oleh Palestina, bahkan itu terjadi di Stadion Bukit Jalil di Kuala Lumpur.

Kekalahan ini membuat Malaysia menempati dasar klasemen Grup A dengan nilai hanya 1 hasil seri melawan Timor Leste dalam laga pembuka. Nilai Malaysia sama dengan Timor Leste, namun kalah selisih gol.

Dalam pertandingan Grup A lainnya di Stadion King Abdullah di Jeddah, Arab saudi menghajar Timor Leste 7-0. Mohammad Al Sahlawi mencetak hattrick, sementara empat gol lainnya dikontribusi Yahya Al Shehri, Salman Al Farajm Taisir Al Jassim, dan Fahd Al Muwallad.

Di Grup G, di Stadion Abdullah bin Nasser bin Khalifa di Doha, Qatar, Kuwait yang bertindak sebagai tuan rumah menghancurkan Myanmar dengan skor 9-0.

Nader Al Muttawa mencetak hattrick, Youssuef Nasser mengontribusi 2 gol, empatb gol lainnya datang dari Ali Al maqseed, Faisal Zaid Al Harbi, Abdulaziz Al Misha’an, dan bunuh diri pemain Myanmar Zaw Min Tun.

Ini kekalahan kedua Myanmar di Grup G. Sebelumnya Myanmar kalah 0-2 dari Korea Selatan. Myanmar kini di urutan keempat di atas Laos yang di Stadion Hwaseong ditelan tuan rumah Korsel 0-8.

Dalam laga itu Son Heung-Min mencetak hattrick. Gol-gol lainnya dihasilkan Lee Chung-Yong, Kwon Chang-Hoon, Suk Hyun-Jun, Kwon Chang-Hoon, dan Lee Jae-Sung.

Hasil lumayan bagus justru dicatat Kamboja yang ‘hanya’ kalah 0-3 dari tuan rumah Jepang di Stadion Saitama dalam pertandingan Grup E. Meskipun demikian, Kamboja hanya menghuni dasar klasemen karena dalam dua laga sebelumnya juga kalah dari Singapura dan Afghanistan.

Singapura sendiri juga mencatat hasil ‘lumayan’ karena hanya kalah dengan skor tipis 0-1 dari tuan rumah Suriah dalam pertandingan yang digelar di Stadion Sultan Qaboos di Muscat, Oman.

Tim negeri jiran itu untuk sementara menempati urutan kedua klasemen Grup E di bawah Suriah. Singapura mengumpulkan nilai 4. Sebelumnya tim besutan pelatih asal Jerman Bernd Stange itu menang 4-0 atas Kamboja dan meraih hasil luar biasa dengan menahan seri tuan rumah Jepang tanpa gol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters & Soccerway
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper