Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HASIL KUALIFIKASI EURO 2016: Belanda Kritis, Tumbang di Amsterdam

Belanda kembali mencatat hasil buruk dalam pertandingan babak kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2016. Bermain di kandang sendiri, Amsterdam Arena, pelatih baru Danny Blind mencatat kekalahan dalam laga debutnya menggantikan Guus Hiddink.
Kapten Timnas Belanda Arjen Robben (kiri) cedera saat melawan Eslandia, di sebelahnya adalah bek Gregory van der Wiel/EPA
Kapten Timnas Belanda Arjen Robben (kiri) cedera saat melawan Eslandia, di sebelahnya adalah bek Gregory van der Wiel/EPA

Bisnis.com, JAKARTA - Belanda kembali mencatat hasil buruk dalam pertandingan babak kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2016. Bermain di kandang sendiri, Amsterdam Arena, pelatih baru Danny Blind mencatat kekalahan dalam laga debutnya menggantikan Guus Hiddink.

Oranje tumbang dengan skor tipis 0-1 oleh pemuncak klasemen Grup A Eslandia. Gol semata wayang tim tamu dalam pertandingan Jumat pagi WIB (4/9/2015) dicetak oleh bomber Swansea City Gylfi Thor Sigurdhsson melalui titik penalti pada menit ke-51.

Tapi sebenarnya keputusan penalti itu layak diperdebatkan karena kaki bek Belanda Gregory van der Wiel mengarah ke bola ketika mencoba menyapu si kulit bundar yang tengah dalam buruan pemain Eslandia Birkir Bjarnason.

Lebih menyedihkan lagi, sebagai tuan rumah, di hadapan pendukung sendiri harus mengakhiri pertandingan dengan 10 pemain setelah pada menit ke-33 Bruno Martins Indi kena kartu merah dari wasit Milorad Mazic dari Serbia.

Bagaimana pun, Belanda masih layak disebut beruntung, karena dalam pertandingan lainnya, tuan rumah Turki juga gagal memetik kemenangan ketika menamu tim lemah Latvia. Bermain di Stadion Konya Büyükehir di Selcuklu, Konya, kemenangan di depan mata lepas begitu saja akibat gol balasan tim tamu pada injury time babak kedua.

Latvia mencetak gol balasan lewat kontribusi Valerijs Sabala, setelah sebelumnya Turki unggul melalui Selcuk Inan pada menit ke-77.

Dengan seri 1-1, maka Turki ada di posisi keempat baru mengumpulkan nilai 9, satu angka di belakang Belanda dengan koleksi 10 angka. Artinya, jika saja Turki menang versus Latvia, maka Belanda akan turun ke posisi keempat dan itu merupakan posisi rentan tak lolos ke putaran final Weuro 2016 di Prancis pertengahan tahun depan.

Hanya dua tim teratas yang mendapat tiket langsung ke Prancis, sedangkan tim peringkat tiga dalam klasemen akhir harus berjuang lewat jalur play off jika untuk ke putaran final. Hanya satu tim peringkat ketiga terbaik dari sembilan grup yang langsung lolos bersama setiap juara dan runner up grup.

Sementara itu dalam satu pertandingan lainnya, tuan rumah Republik Ceska menang tipis 2-1 atas Kazakhstan.

Bertanding di Doosan Arena, Plzen, tuan rumah Republik Ceska unggul melalui dua gol dari Milan Skoda pada menit 74 dan 86, setelah sempat tertinggal oleh gol Kazakhstan yang dicetak Yuri Logvinenko pada menit 21.

Dengan hasil tiga laga itu, Eslandia masih memimpin klasemen sementara Grup A dengan nilai 17, diikuti Republik Ceska 16, Belanda 10, Turki 9, Latvia 4, dan Kazakhstan 1.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters & Soccerway
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper