Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HASIL SEMIFINAL SEA GAMES: Indonesia Kalah Telak Lagi dari Thailand, Skor 0-5

Indonesia akhirnya gagal lolos ke final, bahkan harus menambah koleksi sejarah kekalahan telak dari Thailand, kali ini dengan skor 0-5, dalam pertandingan semifinal cabang sepak bola Sea Games di Stadion Nasional Singapura pada Sabtu malam (13/6/2015).
Kiri-kanan: Evan Dimas, Muchlis Hadi Ning Saifulloh, dan Manahati Lestusen, tiga pemain Timnas U-23 yang berjuang di Sea Games 2015 di Singapura/SeaGames2015.com
Kiri-kanan: Evan Dimas, Muchlis Hadi Ning Saifulloh, dan Manahati Lestusen, tiga pemain Timnas U-23 yang berjuang di Sea Games 2015 di Singapura/SeaGames2015.com

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia akhirnya gagal lolos ke final, bahkan harus menambah koleksi sejarah kekalahan telak dari Thailand, kali ini dengan skor 0-5, dalam pertandingan semifinal cabang sepak bola Sea Games di Stadion Nasional Singapura  pada Sabtu malam (13/6/2015).

Sepanjang pertandingan yang disiarkan secara langsung oleh SCTV, Indonesia berada dalam tekanan. Indonesia sempat Indonesia berpeluang mencetak gol lewat tendangan bebas pada menit 12 melalui Saiful Indra Cahya, namun tendangannya masih dapat ditepis kiper Chanin Sae-ear.

Sebaliknya semenit kemudian Thailand membuka skor setelah Rungrat Phumichantuk berhasil menyambar bola rebound dari tangkapan kiper Teguh Amirudin yang menahan tendangan Nurul Sriyankem, pemain bersuku Melayu dari Thailand bagian selatan. Skor 0-1.

Selepas gol, Thailand terus menekan. Pada menit ke 22 Thitiphan Puangjan melepas tendangan keras sambil membalik badan dari luar kotak penalti, beruntung kiper Teguh dapat menepisnya hingga lahirlah sepak pojok.

Hanya 2 menit kemudian, Nurul Sriyankem mengiris sisi kanan pertahanan Indonesia dan umpan silangnya disambar Rungrat Phumichantuk, keras namun melayang di atas mistar gawang.

Nurul kembali menjadi otak gol kedua Thailand pada menit ke-29. Umpan sepak pojoknya mampu disambar dengan kepala oleh Thitiphan Puangjan yang melayang lebih cepat ketimbang Teguh Amirudin. Skor 0-2.

Thailand tak mengendurkan tekanan. Rotasi pemain yang seperti tak beraturan tetapi rapi saling menggantikan dan begitu dinamis benar-benar membuat sulit pemain Indonesia mengantisipasi pergerakan lawan, baik dengan maupun tanpa bola.

Memasuki babak kedua, Thailand tidak menyurutkan tekanan. Pada menit 56 Rungrat mencetak gol keduanya atau gol ketiga untuk Thailand. Umpan silang lambung dari Nurul disambar dengan kepala oleh Rungrat.

Hanya 5 menit kemudian giliran Narubadin Neerawatnodom yang mencatatkan nama di papan skor. Dia melepas tendangan keras ke sudut kanan bawah gawang Teguh menyambar bola liar yang gagal disapu bersih oleh barisan pertahanan Indonesia, skor 0-4.

Chanathip Songkrasin beberapa kali melepas tendangan keras jarak jauh yang hampir menambah keunggulan Thailand. Salah satunya menyambar tiang kiri gawang Teguh.

Namun beberapa menit menjelang laga usai Chanathip akhirnya benar-benar menjebol gawang Teguh setelah melakukan umpan satu-dua dengan rekannya dan melepas bidikan keras dari dalam kotak penalti ke sudut kanan bawah gawang Indonesia. Skor akhir 0-5.

Thailand akan berhadapan dengan Myanmar dalam pertandingan final pada Senin (15/6/2015). Dalam semifinal lainnya Myanmar menaklukkan Vietnam 2-1. Sedangkan Indonesia beberapa jam sebelum laga final akan bertemu Vietnam untuk memperebutkan tempat ketiga.

Rekor pertemuan Indonesia vs Thailand di Sea Games:

1977 di Kuala Lumpur, Malaysia: Indonesia 1 vs Thailand 1 (pertandingan di semifinal dihentikan karena rusuh, Indonesia lantas didiskualifikasi)

1979 di Jakarta: Indonesia 1 vs Thailand 3. Kemudian, pada klasemen akhir Indonesia dan Thaliand memiliki nilai, gol memasukkan, gol kemasukan, dan selisih gol yang persis sama, dilakukan adu penalti khusus untuk menentukan peringkat kedua yang akan masuk final lawan Malaysia yang memuncaki klasemen akhir, Indonesia menang adu penalti vs Thailand 3-1. Oleh karena peserta hanya lima tim, maka seluruhnya dipertemukan tanpa sistem grup.

1981 di Manila, Filipina: Indonesia 0 vs Thailand 2 (semifinal)

1983 di Singapura: Indonesia 0 vs Thailand 5 (fase grup)

1985 di Bangkok, Thailand: Indonesia 0 vs Thailand 7 (semifinal)

1987 di Jakarta: Indonesia 0 vs Thailand 0 (fase grup)

1989 di Kuala Lumpur, Malaysia: Indonesia 1 vs Thailand 1 (Perebutan tempat ketiga, Indonesia menang adu penalti 9-8)

1991 di Manila, Filipina: Indonesia 0 vs Thailand 0 (Final, Indonesia menang adu penalti 4-3)

1993 di Singapura: Indonesia 0 vs Thailand 1 (semifinal)

1995 di Chiang Mai, Thailand: Indonesia 1 vs Thailand 2 (fase grup)

1997 di Jakarta: Indonesia 1 vs Thailand 1 (Final, Thailand menang adu penalti 4-2)

1999 di Brunei Darussalam: Tidak bertemu

2001 di Kuala Lumpur, Malaysia: Indonesia 1 vs Thailand 2 (semifinal, perpanjangan waktu)

2003 di Nam Dinh, Vietnam: Indonesia 0 vs Thailand 6 (fase grup)

2005 di Bacolod City, Filipina: Indonesia 1 vs Thailand 3 (semifinal)

2007 di Nakhon Ratchasima, Thailand: Indonesia 1 vs Thailand 2 (fase grup)

2009 di Laos: Tidak bertemu

2011 di Jakarta: Indonesia 3 vs Thailand 1 (fase grup)

2013 di Myanmar: Indonesia 1 vs Thailand 4 (fase grup di Yangon) dan Indonesia 0 vs Thailand 1 (final di Naypyidaw).

2015 di Singapura: Indonesia 0 vs Thailand 5 (semifinal).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper