Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dibuang West Brom, Lugano Berlabuh di Hacken

Mantan kapten Timnas Uruguay Diego Lugano akhirnya bergabung dengan klub Swedia Bollklubben Hacken setelah satu musim menganggur. Dia terakhir bermain untuk klub Liga Primer Inggris West Bromwich Albion pada musim 2013-2014.
Diego Lugano setelah mencetak gol untuk Uruguay ke gawang Nigeria dalam Piala Konfederasi 2013 di Arena Fonte Nova, Salvador, Brasil/Reuters
Diego Lugano setelah mencetak gol untuk Uruguay ke gawang Nigeria dalam Piala Konfederasi 2013 di Arena Fonte Nova, Salvador, Brasil/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan kapten Timnas Uruguay Diego Lugano akhirnya bergabung dengan klub Swedia Bollklubben Hacken setelah satu musim menganggur. Dia terakhir bermain untuk klub Liga Primer Inggris West Bromwich Albion pada musim 2013-2014.

Kepastian pemain berusia 34 tahun itu bergabung ke klub kontestan Allsvenskan, kompetisi level tertinggi di Swedia, dikemukakan oleh Direktur Olahraga Hacken Sonny Karlsson sebagaimana dilansir oleh media lokal Expressen.

Hacken, yang bermarkas di Gothenburg, musim lalu mengakhiri kompetisi Allsvenskan di peringkat kelima. Tim berjuluk Tawon (Getingarna) ini ditukangi oleh Peter Gerhardsson, mantan ujung tombak sejumlah klub Swedia berusia 55 tahun.

Lugano menjadi pilar lini belakang sekaligus kemudian menjadi kapten tim Celeste, julukan Timnas Uruguay, selama 11 tahun sejak 2003. Terakhir dia bermain untuk Timnas Uruguay pada Piala Dunia 2014 meskipun lebih banyak di bangku cadangan lantaran cedera.

Pemain bernama lengkap Diego Alfredo Lugano Morena ini memulai karier profesionalnya di Nacional, salah satu dari dua klub paling mentereng di Uruguay bersama Penarol. Tapi namanya kemudian besar bersama klub Brasil Sao Paulo di mana dia bermain dalam 96 pertandingan selama 3 tahun hingga 2006.

Lantas dia boyongan ke klub Turki Fenerbahce dan bermain selama lima musim dalam 188 pertandingan termasuk mencetak 28 gol, kebiasaannya naik ke lini pertahanan lawan ketika timnya mendapat sepak pojok.

Kesuksesan membawa Uruguay menjadi peringkat keempat Piala Dunia 2010 dan juara Copa America 2011 membuat Paris Saint-Germain meminatinya.

Namun yang terjadi kemudian itulah titik balik kemunduran dalam perjalanan kariernya. Klub ibu kota Prancis yang ketika itu masih dilatih Carlo Ancelotti ternyata tidak menempatkannya dalam pilihan utama.

Bahkan pada awal musim 2013-2014 dia dipinjamkan ke klub Spanyol Malaga dan bermain dalam 21 pertandingan sebelum meneruskan sisa musim di West Brom.

Namun Lugano terbukti gagal mengembalikan penampilan impresifnya sehingga manajemen West Brom tidak memperpanjang kontraknya pada musim panas tahun lalu.

Lugano main dalam 95 pertandingan bersama Uruguay dan menyumbang 9 gol. Dia terakhir main di Piala Dunia 2014 saat Uruguay kalah 1-3 dari Kosta Rika. Setelah itu dia cedera dan hanya menjadi penonton saat Uruguay menang 2-1 vs Inggris dan 1-0 vs Italia serta kalah 0-2 dari Kolombia di 16 besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Expressen
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper