Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HASIL COPA LIBERTADORES: River Plate Sangar di Kandang Lawan, Lolos ke Semifinal Bersama Internacional

Klub Brasil Internacional dan klub Argentina River Plate lolos ke semifinal Copa Libertadores setelah mampu membalikkan ketertinggalan 0-1 sebagai hasil leg pertama babak 8 besar dengan kemenangan agregat selepas laga leg kedua.
Pelatih River Plate Marcelo Gallardo (tengah)/Reuters-Marcos Brindicci
Pelatih River Plate Marcelo Gallardo (tengah)/Reuters-Marcos Brindicci

Bisnis.com, JAKARTA - Klub Brasil Internacional dan klub Argentina River Plate lolos ke semifinal Copa Libertadores setelah mampu membalikkan ketertinggalan 0-1 sebagai hasil leg pertama babak 8 besar dengan kemenangan agregat selepas laga leg kedua.

Internacional pekan lalu kalah dengan skor tipis 0-1 di kandang klub Kolombia Santa Fe. Namun pada Kamis (28/5/2015) skuat asuhan pelatih asal Uruguay Doego Aguirre itu mampu menaklukkan Santa Fe di Stadion Jose Pinheiro Borba di Porto Alegre, Brasil, dengan skor 2-0, sehingga menang agregat 2-1.

Kedua gol tuan rumah dikontribusi Juan Sileira do Santos saat laga baru memasuki menit ke-3 lewat sundulan kepala menyelesaikan kemelut yang bermula dari sepak pojok dan melalui bunuh diri pemain Santa Fe Baldomero Perlaza yang keliru mengantisipasi bola juga dari sepak pojok pada menit ke-87.

Pertandingan tersebut berlangsung keras dan tim tamu harus mengakhiri permainan dengan hanya sembilan pemain setelah dua pemainnya dikeluarkan wasit Victor Carrillo dari Peru karena menerima dua kartu kuning.

Dairo Mosquera yang pertama kali harus meninggalkan lapangan pada menit ke-67, kemudian menyusul Yulian Anchico keluar pada menit 82. Selain itu, wasit juga mengartumerahkan pemain cadangan Miguel Borja.

Sementara itu River Plate tampil heroik dengan menghantam tuan rumah Cruzeiro dengan skor telak 3-0. Padahal dalam pertandingan leg pertama pekan lalu di kandang River Playe di Buenos Aires, justru Cruzeiro yang menang dengan skor tipis 1-0.

Dengan demikian, sebenarnya Cruzeiro memulai pertandingan leg kedua dengan modal yang sangat bagus yakni kemenangan di kandang River Plate pada leg pertama. Namun, yang terjadi di Stadion Magalhaes Pinto di Belo Horizonte sungguh mengejutkan karena tuan rumah malah dihajar begitu telak.

Dalam pertandingan yang dipimpin oleh wasit Wilmar Roldan dari Kolombia, striker senior yang juga berasal dari Kolombia Teofilo Gutierrez bermain gemilang dengan mengontribusi satu gol dan satu assist.

Pada menit ke-20 assist skuat Timnas Kolombia itu dimanfaatkan dengan maksimal oleh pemain asal Uruguay Carlos Sanchez untuk membuka skor setelah menjebol gawang tuan rumah yang dikawal kiper Fabio Lopes melalui tembakan keras mendatar dari dalam kotak penalti.

Tim tamu telah unggul 2-0 ketika turun minum setelah pada menit ke-45 Jonathan Maidana menjebol lagi gawang tuan rumah melalui sundulan kepala dengan memanfaatkan umpan sepak pojok dari Ariel Rojas.

Gutierrez akhirnya mencatatkan nama di papan skor setelah mencetak gol ketiga bagi River Plate ketika babak kedua baru memasuki menit ke-7 melalui tendangan keras ke pojok kiri bawah gawang Cruzeiro setelah menerima umpan lambung Rodrigo Mora dari tengah lapangan dan mengelabui dua pemain belakang lawan.

Dalam babak semifinal River Plate akan menghadapi pemenang antara Racing Club dan Guarani, sedangkan Internacional bertemu dengan Tigres UANL yang telah lebih dulu lolos setelah menyingkirkan Emelec.

Copa Libertadores merupakan turnamen antarklub anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) yang selalu menyertakan tim Meksiko sebagai undangan.

Brasil dan Argentina menyertakan tim terbanyak di antara delapan kontestan fase perempat final. Klub Brasil yang masuk 8 besar ialah Internacional dan Cruzeiro, sedangkan dua tim Argentina adalah Racing Club dan River Plate.

Adapun empat tim lainnya yakni Tigres UANL (Meksiko), Emelec (Ekuador), Santa Fe (Kolombia), dan Guarani (Paraguay). Sementara itu juara bertahan San Lorenzo (Argentina) telah tersingkir di fase grup.

Sejauh ini tim-tim Argentina menjuarai Copa Libertadores sebanyak 23 kali, diikuti Brasil 17, Uruguay 8, Paraguay 3, Kolombia 2, serta Chile dan Ekuador masing-masing satu kali.

Pertandingan babak 8 besar berlangsung dua leg. Inilah hasil dan jadwal lengkapnya (dalam WIB):

Leg I:

Rabu, 20 Mei:

Emelec 1 vs Tigres UANL 0 

Kamis, 21 Mei:

Santa Fe 1 vs Internacional 0

Jumat, 22 Mei:

Guarani 1 vs Racing Club 0 

River Plate 0 vs Cruzeiro 1

Leg II:

Rabu, 27 Mei:

Tigres UANL 2 vs Emelec 0 (Tigres menang skor agregat 2-1)

Kamis, 28 Mei:

Internacional 2 vs Santa Fe 0 (Internacional menang skor agregat 2-1)

Cruzeiro 0 vs River Plate 3 (River Plate menang agregat 3-1)

Jumat, 29 Mei:

07:00   Racing Club vs Guarani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Conmebol.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper