Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PERSIB VS KITCHEE Skor 0-2, Selamat Tinggal AFC Cup

Langkah Persib Bandung di Piala AFC (Asian Football Confederation) 2015 akhirnya terhenti setelah kalah dengan skor 0-2 dari tamunya Kitchee SC Hong Kong dalam pertandingan babak 16 besar di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, pada Rabu (27/5/2015).
Bek Persib Bandung Vladimir Vujovic (kanan) absen saat jumpa Kitchee, akibatnya pertahanan Maung longgar dan jebol dua kali/Persib.co.id
Bek Persib Bandung Vladimir Vujovic (kanan) absen saat jumpa Kitchee, akibatnya pertahanan Maung longgar dan jebol dua kali/Persib.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Langkah Persib Bandung di Piala AFC (Asian Football Confederation) 2015 akhirnya terhenti setelah kalah dengan skor 0-2 dari tamunya Kitchee SC Hong Kong dalam pertandingan babak 16 besar di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, pada Rabu (27/5/2015).

Selain dua gol yang dicetak tim tamu, kekalahan skuat berjuluk Maung Bandung juga tidak terlepas dari kesialan di mana seharusnya dua kali layak mendapatkan tendangan penalti karena lawan melakukan pelanggaran di kotak terlarang, tetapi wasit Dmitriy Mashentsev (Kirgistan) tidak menetapkan penalti.

Dalam pertandingan yang disiarkan secara langsung oleh RCTI, kedua gol tim tamu dihasilkan oleh striker asal Spanyol Juan Carlos Rodriguez Belencoso pada menit ke-32 dan melalui gelandang Lam Ka Wai pada menit ke-44.

Pada babak pertama, persentase serangan kedua tim sebenarnya berimbang. Namun secara nyata, terlihat dari jumlah peluang dan gol yang dapat diciptakan, serangan Kitchee jauh lebih efektif.

Pertandingan baru berjalan 7 menit, Kitchee sudah mengancam ketika tendangan lambung menyilang dari gelandang Xu Deshuai menghantam mistar gawang Persib yang dikawal kiper I Made Wirawan.

Berselang 7 menit berikutnya giliran ujung tombak Christian Kwesi Annan yang menyambar umpan lambung silang yang dilepas dari sisi kiri pertahanan Persib oleh kapten tim Lo Kwan Yee, namun bola jatuh sangat tipis di sisi luar tiang kiri gawang Made Wirawan.

Pada menit 17 Persib sempat mendapat peluang melalui tendangan bebas, namun bidikan keras Ahmad Jufriyanto ke pojok kiri atas gawang Kitchee masih dapat diantisipasi dengan tepat oleh kiper Wang Zhen Peng.

Berikutnya pada menit 26 Kwesi memberi peringatan kepada lini belakang Persib—yang tampil tanpa pilar tangguh Vladimir Vujovic karena hukuman akumulasi kartu kuning—saat berhasil memanfaatkan umpan terobosan untuk menjebol gawang Made Wirawan, beruntung gol dianulir karena Kwesi offside.

Namun akhirnya gawang Persib jebol juga pada menit 32 melalui sundulan kepala Belencoso dengan memanfaatkan umpan silang lambung bek yang maju membantu serangan Cheung Kin Fung setelah menyisir sisi kiri wilayah pertahanan tuan rumah.

Berselang 2 menit kemudian Persib mendapatkan peluang terbaik untuk membalas gol, tetapi tendangan keras yang dilepas Supardi Nasir dari jarak 30 meter hanya membentur tiang kanan gawang Kitche.

Sibuk menyerang untuk mencari gol balasan, Persib malahan kebobolan lagi. Kitchee menggandakan keunggulan melalui Lam Ka Wai dengan tendangan keras dari luar kotak penalti memanfaat bola rebound pagar betis pemain Persib yang berawal dari tendangan bebas Xu Deshuai.

Memasuki babak kedua, Persib meningkatkan intensitas serangan. Namun Kitchee membangun benteng pertahanan yang sangat kuat. Apa lagi Persib kerap kali mengandalkan umpan-umpan tinggi yang praktis menguntungkan lini belakang Kitchee yang berpostur tinggi untuk mengusir bola.

Bahkan serangan balik Kitchee sempat membahayakan gawang Made Wirawan. Bidikan Kwesi Annan tipis melayang di atas mistar, sementara tendangan Xu Deshuai yang lepas dari penjagaan pemain pengganti Muhammad Taufiq tipis melebar di sisi luar tiang kanan gawang Persib. Begitu juga satu bidikan lagi menghantam tiang gawang Persib.

Kegagalan Persib mencetak gol ditambah lagi dengan keputusan kontroversial wasit Mashentsev yang tidak menetapkan dua kali hukuman penalti untuk keuntungan Maung Bandung, padahal sangat nyata seharusnya itu masuk kategori pelanggaran.

Dengan telah tersingkirnya Persib, harapan Indonesia di ajang Piala AFC kini tinggal pada Persipura Jayapura yang juga lolos ke babak 16 besar untuk berhadapan dengan klub Malaysia Pahang FA.

Itu pun apabila AFC memutuskan pertandingan melawan Pahang FA dapat dijadwal ulang setelah laga yang seharusnya digelar pada Selasa (26/5/2015) ditunda akibat Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta tak mengizinkan pemain asing klub Malaysia itu masuk dengan alasan visa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper