Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PSSI VS MENPORA: Dimensi Putusan Sela & Pertemuan Wapres Berbeda

Direktur Hukum PSSI Aristo Pangaribuan memandang putusan sela PTUN atas gugatan PSSI dengan hasil pertemuan antara Menpora Imam Nahrawi bersama Wapres Jusuf Kalla memiliki dimensi dan kekuatan hukum yang berbeda.
Direktur Hukum PSSI Aristo Pangaribuan/Antara-Rosa Panggabean
Direktur Hukum PSSI Aristo Pangaribuan/Antara-Rosa Panggabean

Bisnis.com, JAKARTA - Direktur Hukum PSSI Aristo Pangaribuan memandang putusan sela PTUN atas gugatan PSSI dengan hasil pertemuan antara Menpora Imam Nahrawi bersama Wapres Jusuf Kalla memiliki dimensi dan kekuatan hukum yang berbeda.

"Pertemuan di Wapres dengan putusan sela jangan disamakan. Kalau itu (pertemuan di Istana Wapres) eksekutif, putusan sela yudikatif," ujar Direktur Hukum PSSI Aristo Pangaribuan di Jakarta pada Selasa (26/5/2015).

Menurut Aristo, kedua hasil tersebut memiliki kekuatan hukum masing-masing, namun masih bisa dipergunakan secara bersamaan. "Nanti dua keputusan itu akan sinergi satu sama lain."

Dia mengatakan dua hasil keputusan bisa berjalan berbarengan apabila memiliki konteks yang tidak jauh berbeda. "Tapi kalau yang di Wapres keputusannya A, di PTUN putusannya B, itu yang repot."

Sementara Deputi V Bidang Keharmonisan dan Kemitraan Kemenpora Gatot S. Dewa Broto juga mengatakan keputusan hasil pertemuan di Istana Wapres dengan putusan sela merupakan dua hal berbeda.

"Itu dua hal yang berbeda, jangan disamakan. Lagi pula pertemuan dengan Pak Wapres juga bertepatan dengan sidang putusan sela," kata Gatot.

Pertemuan antara Menpora dan Wapres di Istana Wapres pada Senin (25/5/2015) menelurkan tiga solusi penyelesaian pembekuan PSSI.

Yang pertama keputusan tetap pada pembekuan PSSI, opsi kedua mencabut pembekuan, dan ketiga adala SK direvisi kemudian PSSI diminta agar diaktifkan kembali namun Tim Transisi tetap eksis.

Terkait keeksisan Tim Transisi yang berada dalam opsi nomor tiga tersebut bertentangan dengan putusan sela yang menunda keberlakuan SK Menpora nomor 01307.

Pembentukan Tim Transisi untuk mengambil alih wewenang PSSI diatur dalam SK tersebut, yang saat ini masa keberlakuannya ditunda hingga putusan akhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper