Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bayern Munchen vs Mainz Skor 2-0, Dortmund Gagal ke Liga Europa via Bundesliga

Bayern Munchen akhirnya memetik kemenangan setelah tiga kali berturut-turut kalah dalam pentas Bundesliga Jerman. Dalam matchday terakhir Bundesliga musim 2014-2015 tim yang telah memastikan gelar juara itu menundukkan tamunya Mainz 05 dengan skor 2-0.
Bayern Munchen menerima trofi juara Bundesliga 2014-2015 setelah menyelesaikan pertandingan terakhir melawan Mainz 05/Reuters-Michaela Rehle
Bayern Munchen menerima trofi juara Bundesliga 2014-2015 setelah menyelesaikan pertandingan terakhir melawan Mainz 05/Reuters-Michaela Rehle

Bisnis.com, JAKARTA - Bayern Munchen akhirnya memetik kemenangan setelah tiga kali berturut-turut kalah dalam pentas Bundesliga Jerman. Dalam matchday terakhir Bundesliga musim 2014-2015 tim yang telah memastikan gelar juara itu menundukkan tamunya Mainz 05 dengan skor 2-0.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Allianz Arena pada Sabtu malam WIB (23/5/2015), tuan rumah Bayern Munchen mengalahkan Mainz berkat dua gol dari Robert Lewandowski melalui penalti pada menit ke-25 dan lewat Bastian Schweinsteiger saat babak kedua memasuki menit ke-3.

Dalam tiga pertandingan sebelumnya skuat asuhan pelatih asal Spanyol Pep Guardiola itu menelan kekalahan dengan skor 0-2 dari Bayer Leverkusen, 0-1 vs Augsburg, dan 1-2 dari Freiburg.

Freiburg sendiri akhirnya terdegradasi—bersama Paderborn—setelah dalam matchday terakhir kalah dari tim yang justru semula ada di zona degradasi, Hannover 96, dengan skor tipis 1-2.

Dalam pertandingan lainnya, yang merupakan perpisahan pelatih Juergen Klopp dengan pendukung Borussia Dortmund di Stadion Signal Iduna Park, klub tuan rumah berhasil menang atas tamunya Werder Bremen dengan skor tipis 3-2.

Dortmund meraih kemenangan berkat kontribusi gol Shinji Kagawa (15’), Pierre-Emerick Aubameyang (17’), dan Kenrikh Mkhitaryan (42’). Kedua gol Aubameyang dan Mkhitaryan adalah assist dari Kagawa, pemain Timnas Jepang. Gol Bremen dihasilkan Levin Oztunali (26’) dan Theodor Gebre Selassie (85’).

Sebenarnya kemenangan Dortmund bisa berimbas pada diperolehnya tiket ke Liga Europa apabila dalam pertandingan lain yang digelar pada saat bersamaan Borussia Moenchengladbach menundukkan Augsburg. Namun ternyata di kandang sendiri Gladbach menyerah 1-3 meskipun lebih dulu unggul 1-0.

Dengan demikian, Dortmund finis di posisi ke-7 dengan nilai 46, hanya satu setrip di bawah Schalke 04 yang mengakhiri kompetisi dengan koleksi nilai 48 dan duduk di posisi ke-6 yang merupakan batas akhir tim yang mendapat tiket langsung fase grup Liga Europa.

Bagaimana pun perjuangan Dortmund pada putaran kedua Bundesliga musim ini hingga finis di posisi ke-7 sungguh luar biasa, mengingat hingga akhir putaran pertama runner up Liga Champions Eropa edisi 2012-2013 itu masih terpuruk di zona degradasi.

Dortmund pun masih bisa menyegel satu tempat di pentas Liga Europa lewat jalur juara Piala Jerman (DFB Pokal) jika bisa menaklukkann Wolfsburg di final yang digelar di Stadion Olimpiade Berlin pada Minggu (31/5/2015) mulai pk. 01:00 WIB.

Adapun Augsburg, berkat tambahan 3 angka hasil kemenangan atas Gladbach, naik satu setrip ke posisi ke-5 dengan nilai 49 dan juga berhak atas tiket Liga Europa, kompetisi antarklub Eropa level kedua setelah Liga Champions.

Tiga tim yang finis di posisi teratas yakni Bayern Munchen, Wolfsburg, dan Gladbach diganjar tiket langsung fase grup Liga Champions, sedangkan peringkat ke-4 Bayer Leverkusen juga bisa masuk fase grup Liga Champions, tapi harus menang lebih dulu di pertandingan play off melawan wakil negara lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters & Bundesliga.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper