Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

XAVI Resmi Tinggalkan Barcelona, Ini Perjalanan Kariernya

Gelandang dan kapten tim FC Barcelona Xavi Hernandez resmi mengundurkan diri dari juara Spanyol tersebut untuk hengkang ke klub Qatar Al Sadd mulai musim depan.
Xavi mengumumkan pengunduran dirinya dari FC Barcelona/Reuters-Gustau Nacarino
Xavi mengumumkan pengunduran dirinya dari FC Barcelona/Reuters-Gustau Nacarino

Bisnis.com, JAKARTA - Gelandang dan kapten tim FC Barcelona Xavi Hernandez resmi mengundurkan diri dari juara Spanyol tersebut untuk hengkang ke klub Qatar Al Sadd mulai musim depan.

Berikut ini adalah perjalanan Xavi sehingga menjadi salah satu legenda bagi klub Katalan tersebut dan juga Timnas Spanyol:

* Xavi Hernandez Creus lahir pada 25 Januari 1980 di Terrassa, Spanyol.

* Bergabung dengan akademi sepak bola Barca pada Juli 1991. Mencetak gol pada debut di tim utama 7 tahun kemudian atau usia 18 tahun dalam pertandingan memperebutkan Piala Super Spanyol melawan Real Mallorca.

* Tampil pertama kali untuk Timnas Spanyol pada November 2000 melawan Belanda.

* Menderita cedera ligamen lutut parah saat sesi latihan Barca pada Desember 2005 sehingga harus menepi dari lapangan selama 5 bulan.

* Kembali siap beraksi pada April 2006, namun hanya menyaksikan Barca menaklukkan Arsenal 2-1 di Paris di final Liga Champions Eropa.

* Terpilih sebagai pemain terbaik Spanyol untuk edisi 2008 ketika timnas berjuluk La Furia Roja merebut trofi Euro 2008 setelah 44 tahun tanpa gelar turnamen besar. Xavi memberi assist kepada Fernando Torres untuk mencetak gol tunggal Spanyol di final melawan Jerman.

* Bersama Pep Guardiola dalam musim pertamanya menangani Barca, Xavi membantu klub meraih treble pertama kalinya dengan merengkuh titel juara Liga Champions Eropa, La Liga, dan Piala Raja (Copa del Rey).

* Umpan silang lambung dari Xavi disambar dengan sundulan kepala Lionel Messi untuk membuat skor 2-0 melawan Manchester United dalam pertandingan final Liga Champions di Roma, Italia, pada 27 Mei 2009.

* Barca menjadi juara La Liga, Piala Super Spanyol, dan Piala Dunia Antarklub untuk melengkapi enam trofi pada 2009.

* Xavi menjadi yang ketiga dalam pemilihan pemain terbaik (FIFA Ballon d'Or) 2009, pertama kali dari tiga posisi ketiga terbaik secara berturut-turut yang didapatkannya selama 2 tahun berikutnya.

* Memberi kontribusi penting bagi Spanyol menjadi juara Piala Dunia pertama kalinya di Afrika Selatan pada 2010.

* Pada Januari 2011 menyamai rekor Miguel ‘Migueli’ Bernardo Bianquetti bermain untuk Barca sebanyak 549 pertandingan resmi.

* Menjadi pemain pengganti pemberi assist bagi Pedro Rodriguez mencetak gol pembuka saat Barca menang di final Liga Champions Eropa di London dengan menaklukkan tim tuan rumah Manchester United 3-1.

* Membantu Spanyol mempertahankan gelar di Euro 2012 dan Xavi berperan besar atas terjadinya dua gol di final ketika La Furia Roja membantai Italia 4-0.

* Spanyol tersingkir di fase grup Piala Dunia 2014 di Brasil setelah kalah dalam dua laga pembuka dan Xavi mengumumkan pengundiran diri dari timnas setelah 133 penampilan.

* Pada Mei 2015 Barca memastikan gelar La Liga ketujuh selama 11 tahun tahun terakhir, dan khusus bagi Xavi merupakan gelar La Liga kedelapan, dan dia mengumumkan pengunduran dirinya dari Barca pada akhir musim ini untuk bergabung ke Al Sadd.

* Xavi memenangi 23 gelar bersama Barca. Perinciannya tiga gelar Liga Champions, dua Piala Raja, dua Piala Super Eropa, dan dua Piala Dunia Antarklub.

Bersama Barcelona, Xavi masih berpeluang menambah gelar menjadi 25 karena klub berjuluk Blaugrana itu akan menghadapi Athletic Bilbao pada 30 Mei 2015 di final Copa del Rey dan menghadapi Juventus pada 6 Juni 2015 di final Liga Champions.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper