Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PSSI VS MENPORA: Tim Transisi Minta Diajak Koordinasi Turnamen Pramusim

Tim Transisi menyatakan turnamen pramusim yang hendak digulirkan PT Liga Indonesia mulai 26 Mei hanya bisa digelar melalui koordinasi dengan tim bentukan Kemenpora tersebut.
Ketua Tim Transisi Bibit Samad Rianto/Antara-M. Risyal Hidayat
Ketua Tim Transisi Bibit Samad Rianto/Antara-M. Risyal Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Tim Transisi menyatakan turnamen pramusim yang hendak digulirkan PT Liga Indonesia mulai 26 Mei hanya bisa digelar melalui koordinasi dengan tim bentukan Kemenpora tersebut.

Turnamen pramusim itu menjadi pantauan Tim Transisi karena tim bentukan pemerintah yang salah satu tugasnya mengambilalih kewenangan PSSI sudah resmi bekerja.

"Liga harus koordinasi dengan Tim Transisi. Jika tidak, maka turnamen pramusim tidak bisa jalan," kata Ketua Tim Transisi Bibit Samad Rianto di Kantor Kemenpora, Jakarta, pada Selasa (19/5/2015) dan dilaporkan Antara pada Rabu pagi WIB (20/5/2015).

Menurut dia, sesuai dengan surat keputusan yang dikeluarkan Menpora Imam Nahrawi, salah satu tugas dari Tim Transisi adalah mengambil alih kewenangan PSSI. Dengan demikian, semua kegiatan yang berkaitan dengan persepakbolaan nasional harus koordinasi dengan Tim Transisi.

Turnamen pramusim yang digulirkan oleh PT Liga Indonesia akan diikuti 18 klub kompetisi Indonesia Super League (ISL). Pada turnamen yang menggunakan sistem home away ini terbagi atas tiga grup dan masing-masing grup berisi enam klub.

Grup A terdiri Arema Cronus, Persija, Bali United Pusam, Semen Padang, PS Barito Putera, Persiram. Grup B: Persipura, Pusamania Borneo FC, PSM Makassar, Perseru Serui, Persela, Mitra Kukar dan Grup C: Persib, Persebaya, Persiba Balikpapan, Sriwijaya FC, Pelita BR, Persegres Gresik United.

Rencana PT Liga Indonesia menggelar turnamen pra musim ini tidak main-main. Bahkan, operator kompetisi yang dipimpin oleh Joko Driyono itu sudah mengajukan permohonan rekomendasi kepada Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI).

Menurut Sekjn BOPI Heru Nugroho, surat permohonan rekomendasi dari PT Liga Indonesia masuk ke BOPI hari ini. Bahkan, pihaknya langsung membalas sudah yang dikirimkan oleh PT Liga Indonesia tersebut.

"Kami langsung balas surat mereka, hari ini. Kalau kami tergantung Tim Transisi. Apakah diizinkan atau tidak, semua ada di Tim Transisi," kata Heru saat dikonfirmasi.

BOPI merupakan lembaga pemerintah yang bertugas mengurusi olahraga profesional di Indonesia. Rekomendasi dari lembaga ini sangat dibutuhkan yang salah satunya untuk mengurus izin keramaian dari aparat kepolisian.

Sebelumnya, Sekretaris PT Liga Indonesia Tigorshalom Boboy mengatakan pihaknya tidak akan melakukan komunikasi dengan Tim Transisi terkait penyelenggaraan turnamen pramusin tersebut karena lebih diutamakan ke BOPI dan persetujuan dari PSSI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper