Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HASIL LIGA SPANYOL: Barcelona Bantai Cordoba Skor 8-0, Suarez Hattrick Messi 2 Gol

Barcelona bertandang ke Cordoba dalam lanjutan Divisi Primer La Liga Spanyol. Cordoba di tepi jurang, kekalahan berarti degradasi ke Segunda (Divisi 2).
Pemain Barcelona merayakan gol keempat ke gawang Cordoba yang dicetak Luis Suarez (kanan). Skor akhir Barca menang telak 8-0./Reuters-Javier Barbancho
Pemain Barcelona merayakan gol keempat ke gawang Cordoba yang dicetak Luis Suarez (kanan). Skor akhir Barca menang telak 8-0./Reuters-Javier Barbancho

Bisnis.com, JAKARTA - FC Barcelona menang dengan skor telak 8-0 atas tuan rumah Cordoba dalam pertandingan pekan ke-35 Divisi Primer La Liga Spanyol yang berlangsung di Stadion Nuevo Arcangel, Cordoba, pada Sabtu malam (2/5/2015).

Dengan kemenangan tersebut, Barcelona mengamankan posisinya di puncak klasemen dengan koleksi nilai 87, untuk sementara unggul 5 angka dari Real Madrid yang baru bermain melawan Sevilla pada Minggu (3/5/2015) pk. 01:00 WIB.

Kekalahan ini menjadikan Cordoba sebagai tim pertama yang terdegradasi ke Segunda (Divisi 2). Kalau pun skuat asuhan Jose Antonio Romero menang dalam semua sisa laga, mereka tetap turun kasta karena secara matematis nilainya tak mungkin lagi membawanya ke posisi ke-17, batas aman tidak degradasi.

Barcelona baru unggul 2-0 hingga jeda. Dua gol yang terjadi pada 45 menit babak pertama dikontribusi oleh gelandang serang Ivan Rakitic dengan assist bintang Lionel Messi dan Luis Suarez dengan assist Andres Iniesta.

Memasuki babak kedua Messi mencetak dua gol, Suarez juga menambah dua gol sehingga dia mencatat hattrick pertamnya bersama Barca, Gerard Pique mencetak sebiji gol, dan Neymar pun menambah derita Cordoba dari titik penalti.

Barca mendominasi jalannya pertandingan yang dipimpin wasit Carlos Clos Gomez. Sebagaimana ditayangkan secara langsung oleh Fox Sports 2, baru berjalan 2 menit, Barca telah mempunyai peluang emas. Namun, sambaran kaki Neymar atas umpan Dani Alves sangat tipis di atas mistar gawang Cordoba yang dikawal kiper Juan Carlos.

Pada menit ke-8 giliran Cordoba melepas peluang ketika Florin Andone gagal memaksimalkan umpan Edimar Fraga di mulut gawang Barca.

Lionel Messi berpeluang sangat besar ketika pada menit ke-27 mampu melewati tiga pemain Cordoba dan berhadapan langsung dengan kiper Juan Carlos, namun tembakan keras mendatarnya secara luar biasa masih dapat ditangkap sang penjaga gawang.

Pada menit ke-36 Neymar lagi-lagi melepaskan peluang emas. Pemain Brasil itu lepas dari jebakan offside, namun sontekannya memanfaatkan umpan lambung Messi hanya membentur tiang kiri gawang Cordoba.

Akhirnya pada menit ke-42 Barca berhasil menjebol gawang Cordoba. Bermula dari gocekan Luis Suarez di sisi kiri wilayah pertahanan lawan, bola kemudian disodorkan kepada Messi.

Kemudian Messi melempas umpan lambung diagonal ke Rakitic yang lepas dari perangkap offside dan langsung menyambarnya dengan tendangan keras setengah voli yang sangat sulit dicepag oleh kiper Juan Carlos. Skor berubah menjadi 0-1.

Barca menggandakan keunggulan 5 menit kemudian ketika babak pertama memasuki injury time. Umpan lambung terukur dari Iniesta cukup disontek perlahan saja oleh Suarez untuk menjebol gawang Cordoba. Sentuhan kaki Suarez itu terjadi pada detik terakhir babak pertama. Skor 0-2 untuk Barca.

Memasuki babak kedua, tepat 60 detik berjalan alias semenit, Messi datang dari belakang untuk menyambar umpan silang Dani Alves. Demikian keras sundulan Messi ke pojok kanan gawang, kiper Juan Carlos pun tak berdaya, 0-3.

Dani Alves kembali memainkan peran pentingnya pada menit ke-53. Kali ini servis umpan silangnya dimaksimalkan dengan sundulan kepala oleh Suarez. Bola masuk setelah lebih dulu menyentuh tiang kanan gawang Cordoba, skor 0-4.

Hanya 6 menit kemudian Neymar seharusnya bisa ikut mencetak gol. Tapi umpan silang begitu matang dari Suarez gagal diceploskannya ke gawang lawan dari jarak yang sebenarnya sudah sangat dekat.

Barca akhirnya mencetak gol kelima pada menit ke-65 dengan sundulan kepala Gerard Pique memanfaatkan assist sepak pojok Rakitic. Skor 0-5.

Pada menit ke-70 Suarez hampir mencetak hattrick. Mendapat umpan jauh dari garis tengah lapangan, dia mengontrol bola sejenak dan lantas melepas tendangan keras, namun hanya menghantam jaring kiri bagian luar gawang lawan.

Semenit kemudian giliran Cordoba nyaris mencetak gol.  Mendapat umpan terobosan dari Fidel Chavez dan lolos dari jebakan offside, Andone kembali melepas peluang keduanya dalam pertandingan ini, kali ini bidikan kerasnya melambung jauh meskipun sudah berada dalam jarak dekat gawang Barca.

Pada ment ke-80 Pedro Rodriguez, yang masuk menggantikan Rakitic pada menit ke-69, melakukan permainan satu-dua dengan Suarez di dalam kotak penalti Cordoba. Suarez dijatuhkan Edimar, namun bola mengarah ke Messi yang segera menceploskan bola, skor 0-6.

Hanya berselang 5 menit kemudian Neymar akhirnya mendapatkan golnya dalam pertandingan kali ini. Pemain belakang Cordoba yang masuk pada awal babak kedua Adrian Gunino menjatuhkan Neymar di dalam kotak penalti.

Neymar sendiri tampil sebagai eksekutor melepas tendangan ke arah kiri mengecok kiper Juan Carlos yang bergerak ke kanan. Skor 0-7.

Pada menit ke-88 Suarez mencatat hattrick pertamanya untuk Barca. Mendapat bola muntah hasil tembakan Xavi Hernandez dari luar kotak penalti, bola yang liar di dalam kotak penalti pun dihajarnya dengan keras untuk mengubah skor menjadi 0-8.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Fox Sports
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper