Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HASIL LIGA CHAMPIONS: Barcelona vs PSG 2-0, Muenchen vs Porto 6-1

HASIL LIGA CHAMPIONS: Barcelona vs PSG, Muenchen vs Porto
Ilustrasi Piala Liga Champions. Mayoritas prediksi menyebutkan hasil Shakhtar Donetsk vs Bayern Munchen di ajang 16 besar Liga Champions 2015 akan dimenangkan klub asal Jerman itu/uefa.com
Ilustrasi Piala Liga Champions. Mayoritas prediksi menyebutkan hasil Shakhtar Donetsk vs Bayern Munchen di ajang 16 besar Liga Champions 2015 akan dimenangkan klub asal Jerman itu/uefa.com

Bisnis.com, JAKARTA – Hasil laga leg kedua 8 besar Liga Champions antara Barcelona vs PSG dan Bayern Muenchen vs FC Porto telah berakhir. Barcelona dan Muenchen lolos ke semifinal.

Dari 90 menit babak pertama, hasil Barcelona vs PSG (Paris Saint-Germain) berakhir dengan skor 2-0 sehingga dipasatikan Barcelona akan lolos ke semifinal Liga Champions musim ini. Sementara itu, laga Muenchen vs Porto benar-benar memberikan kejutan. Anak asuh Josep Pep Guardiola unggul dengan skor 6-1.

BACA JUGA: PREDIKSI REAL MADRID VS ATLETICO & AS MONACO VS JUVENTUS

Dengan hasil itu,  agregat Barcelona vs PSG menjadi 5-1 karena pada leg pertama Lionel Messi dan kawan-kawan sudah unggul 3-1. Dua gol Barcelona dicetak oleh Neymar pada menit 14 dan 34.

Sementara itu, dari pertandingan di Allianz Arena, dengan unggul 6-1, Muenchen membalikkan keadaan dengan unggul agregat 6-3 dari Porto karena leg pertama berakhir 3-1 untuk kemenangan Porto dan berpeluang besar ke semifinal Liga Champions.

Hasil Muenchen vs Porto 5-0 di babak pertama berkat gol 14' Thiago Alcantara, 22' Jerome Boateng,  27' Robert Lewandowski,  36' Thomas Mueller, dan 40' Robert Lewandowski  Di babak kedua, Porto memperkecil skor menjadi 5-1 lewat gol Muenchen menambah gol lewat kaki Jackson Martinez menit 74. Namun Xabi Alonso memastikan tiket untuk Muenchen dengan golnya pada menit 88. Skor akhir Muenchen vs Porto 6-1.

JALANNYA PERTANDINGAN MUENCHEN VS PORTO

Sama-sama menurunkan formasi 4-3-3, trisula Robert Lewandowski, Mario Goetze dan Thomas Mueller terlalu ampuh bagi Porto yang benar-benar dirusak Bayern Muenchen sepanjang babak pertama ini.

Thiaga Alcantara membuka pesta gol Muenchen pada babak pertama ini ketika pertandingan memasuki menit ke-14.  Juan Bernat dengan mudah melewati hadangan Ricardo Quaresma untuk kemudian melepaskan umpan silang kepada Alcantara yang sudah tak terkawal lagi guna melepaskan tendangan yang bersarang di dalam gawang Porto.

Tujuh menit kemudian pada menit 21 bek Jerome Boateng menggandakan keunggulan Muenchen setelah didahului sepak pojok yang ditendang bek Holger Badstuber yang disambut sundulan Boateng yang tak bisa dijangkau kiper Porto. 

Enam menit berselang, Robert Lewandowski datang menangkhiri kerjasama Philipp Lahm di sisi kanan permainan lawan bersama Thomas Mueller yang berakhir dengan sundulan keras Lewandowski yang tepat masuk gawang Porto.

Pada menit 36, giliran Mueller yang menciptakan gol lewat tembakan dari jarak 25 meter yang sempat membentur Bruno Martins Indi dan membuat kiper Fabiano salah langkah sehingga gol keempat Muenchen pun tak terhindarkan.

Empat menit kemudian pada menit 40, Lewandowski menciptakan gol keduanya atau gol kelima Bayern Muenchen yang bermula dari umpan Mueller yang diteruskannya kepada pemain timnas Polandia itu lewat dua sentuhan saja sebelum menceploskan bola ke gawang Fabiano.

Unggul 5-0 pada babak pertama ini membuat pendulum seketika berbalik ke Bayern Muenchen yang untuk sementara berada jauh di atas angin dibandingkan Porto dengan agregat 6-3.

Porto yang seakan mustahil bisa menciptakan tiga gol di kandang raksasa Jerman perkasa untuk bisa lolos ke semifinal Liga Champions untuk pertama kalinya sejak musim 2003/2004 ketika ditangani Jose Mourinho yang akhirnya membawa mereka juara itu, sedikit bisa menarik nafas untuk menghindari derasnya hujan gol di Allianz Arena pada babak kedua ini.

Bahkan, Porto yang memasukkan dua pemain baru pada babak kedua --masing-masing Ruben Neves dan Evandro-- akhirnya bisa mencuri satu gol pada menit 73.

Jackson Martinez yang juga mencetak gol pada leg pertama di kandang Porto pekan lalu, menyambut unmpan pemain pengganti Evandro dengan sundulan dari jarak dekat yang tak bisa ditahan kiper Manuel Neuer.   Gol Martinez ini adalah berasal dari satu-satunya peluang on target Porto pada laga ini.

Agregat pun kini menjadi 6-4, masih untuk Bayern Munchen.   Dan sepertinya mustahil bagi Porto untuk bisa membalikkan keadaan, apalagi pada menit 87 klub Portugal ini harus kehilangan satu pemainnya setelah Ivan Marcano diusir ke luar lapangan usai menerima kartu kuning kedua menyusul ganjalannya terhadap Alcantara.

Kelebihan satu pemain benar-benar dimanfaatkan Bayern karena hanya satu menit dari Marcano keluar, Munchen menciptakan satu gol pada babak kedua yang sekaligus menjadi penutup pesta gol mereka ke gawang Porto pada menit 88.

Gol ini berasal dari set-piece ketika Xabi Alonso sukses mengeksekusi tendangan bebas dari jarak 25 meter yang mengarahkan bola ke sudut atas gawang Porto dan tak bisa dihalau Fabiano.  Bayern pun menang 6-1 dan melenggang ke semifinal Liga Champions dengan agregat 7-4.

Bayern Muenchen (4-3-3): Manuel Neuer; Rafinha, Jerome Boateng, Holger Badstuber, Juan Bernat; Philipp Lahm (kapten), Xabi Alonso, Thiago Alcantara; Thomas Mueller, Robert Lewandowski, Mario Goetze. Pelatih: Pep Guardiola (Spanyol)

Porto (4-3-3): Fabiano; Diego Reyes, Maicon, Marcano, Martins Indi; Hector Herrera, Casemiro, Oliver Torres; Ricardo Quaresma, Jackson Martinez (kapten), Yacine Brahimi
Pelatih: Julen Lopetegui (Spanyol)

Wasit: Martin Atkinson (Inggris)

BARCELONA VS PSG 2-0

Barcelona melenggang ke semifinal setelah mengakhiri perlawanan Paris Saint-Germain (PSG) 2-0 (agregat 5-1) pada leg kedua perempatfinal Liga Champions di Stadion Camp Nou, Rabu dini hari WIB. Dua gol Barcelona diborong penyerang asal Brasil, Neymar da Silva, di menit 14 dan 34.

HASIL LIGA CHAMPIONS: Barcelona vs PSG 2-0, Muenchen vs Porto 6-1

Pada awal laga, Neymar yang lolos dari kawalan David Luiz membuka keunggulan Barcelona setelah menerima umpan terobosan Andrés Iniesta di menit 14. 

Menit 26 Dani Alves menciptakan peluang melalui tendangan melambung namun berhasil diamankan Sirigu, penjaga gawang PSG.

Bekas penyerang Santos, Neymar, kembali merobek jala gawang PSG setelah menerima umpan Dani Alves dari sayap kanan di menit 34. Skor 2-0 untuk klub Katalan.

Gerard Pique nyaris menambah keunggulan Barcelona melalui sundulannya di menit 38 namun bola berhasil dibuang David Luiz. Hingga jeda babak pertama skor 2-0 untuk keunggulan Barcelona.

Pada awal babak kedua, pelatih Barcelona Luis Enrique melakukan rotasi pemain menggantikan Iniesta dengan Xavi dan Busquets dengan Sergi Roberto.

PSG memiliki peluang ketika Johan Cabaye melepaskan tendangan jarak jauh di menit 51 namun sepakannya tidak akurat.

Tendangan keras Ibrahimovic di menit 59 juga belum mampu menembus barisan pertahanan Barcelona.

Pada menit 73 Pastore yang berdiri bebas mengirimkan umpan kepada Ibrahimovic namun sepakannya diblok Ter Stegen. PSG kembali gagal mencetak gol.

Tendangan Lucas di menit 87 setelah menerima umpan Pastore pun tidak akurat. Skor 2-0 kemenangan Blaugrana bertahan hingga laga usai.

Hasil ini memastikan Barcelona lolos ke semi final Liga Champions Eropa menemani Bayern Muenchen yang mengalahkan FC Porto 6-1 (agregat 7-4). 

Dua tempat semifinal lainnya akan diperebutkan Monaco vs Juventus dan Real Madrid vs Atletico Madrid pada Kamis dini hari WIB.

Berikut susunan pemain Barcelona vs PSG:

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Alves, Pique, Mascherano, Alba; Busquets (Sergi Roberto), Rakitic, Iniesta (Xavi); Messi, Suarez (Pedro Rodriguez), Neymar

Paris Saint-Germain (4-3-3): Sirigu; Van der Wiel, Marquinhos, David Luiz, Maxwell; Cabaye (Lucas), Verratti, Matuidi (Rabiot); Cavani (Ezequiel Lavezzi), Ibrahimovic, Pastore

Skor: Barcelona 2 - 0 Paris Saint Germain (agregat 5-1)

JANJI LUIS ENRIQUE (Foto: Reuters)

HASIL LIGA CHAMPIONS: Barcelona vs PSG 2-0, Muenchen vs Porto 6-1

Barcelona tidak akan mengincar hasil imbang pada leg kedua perempat final Liga Champions kontra Paris Saint-Germain (PSG) kendati sudah berbekal kemenangan 3-1 di laga pertama. 

Pelatih Barcelona Luis Enrique mengatakan timnya akan selalu tampil menyerang kendati sudah dalam posisi unggul. 

"Secara keseluruhan laga ini tetap sulit. Mereka lawan dengan hasil negatif yang tidak akan bermain bertahan," kata Luis Enrique dikutip dari Football Espana, Selasa (21/4/2015). 

"Tapi kami akan menyerang untuk memenangkan laga. Kami menginginkan bola dan siap berlaga dengan cara yang sama seperti leg pertama. kami harus menguasai permainan," katanya. 

"(Leg pertama) adalah hasil yang baik tetapi tidak memastikan. Kami memerlukan pertandingan besar lainnya," kata Enrique yang pernah memperkuat Real Madrid periode 1991–1996.    

"Saya tidak melihat kami difavoritkan (juara Liga Champions) tapi kami salah satu kandidat seperti yang lain. Ada banyak pekerjaan mesti dilakukan," kata bekas petih AS Roma itu.

Barcelona akan menjamu PSG di Camp Nou pada Rabu dini hari WIB dan klub katalan itu hanya memerlukan hasil imbang saja untuk lolos ke semi final.

JANJI PEP GUARDIOLA (Foto: Reuters)

HASIL LIGA CHAMPIONS: Barcelona vs PSG 2-0, Muenchen vs Porto 6-1

Pep Guardiola janji akan membalikkan defisit gol kekalahan Bayern Munchen dari FC Porto 1-3 pada leg pertama perempat final Liga Champions pekan lalu.

Pada laga itu Porto menang berkat sepasang gol Ricardo Quaresma dan Jackson Martinez sementara gol hiburan Bayern dicetak bekas gelandang Barcelona, Thiago Alcantara.

"Kami harus mengambil lebih banyak risiko setelah menerima hasil di leg pertama, namun saya gembira sudah sampai pada tahap ini," kata Pep Guardiola seperti dilansir dari Skysports, Selasa (21/4/2015).

"Saya mengerti tidak akan mudah, tapi optimistis 100 persen kami mampu melakukannya," tegas pelatih kebangsaan Spanyol itu.

"Kami selangkah lagi (memenangi) Piala Jerman dan Liga Jerman jika kami menang melawan Berlin pada Sabtu, kami juara," kata bekas pelatih dan pemain Barcelona itu.

"Mengesankan ketika saya melihat banyak masalah yang kami punya. Tapi saya tahu di mana saya berada, tidak cukup sekadar memenangi Bundesliga dan Piala Jerman," katanya.

"Tiga gelar adalah target untuk klub sebesar Real Madrid, Barcelona dan Bayern Munchen, dan saya bangga di sini bersama para pemain," katanya.

Pada laga yang akan digelar Rabu dini hari WIB di Allianz Arena, Bayern Munchen setidaknya harus mencetak lebih dari dua gol ke gawang Porto tanpa kebobolan jika ingin lolos ke semi final Liga Champions.  (Antara/Bisnis.com)

RANKING 20 BESAR KLUB EROPA VERSI WWW.UEFA.COM 

KLUB

10/11

11/12

12/13

13/14

14/15

Pts

1Real Madrid CF

33.642

36.171

29.542

39.600

28.271

167.228

2FC Barcelona

36.642

34.171

27.542

28.600

29.271

156.228

3FC Bayern München

24.133

33.050

36.585

29.942

26.000

149.711

4Chelsea FC

26.671

33.050

30.285

28.357

23.714

142.078

5Club Atlético de Madrid

9.642

34.171

13.542

37.600

25.271

120.228

6SL Benfica

25.760

23.366

28.350

30.983

9.750

118.209

7FC Schalke 04

30.133

20.050

22.585

18.942

20.000

111.711

8FC Porto

31.760

12.366

22.350

17.983

26.750

111.209

9Arsenal FC

22.671

22.050

21.285

21.357

22.714

110.078

10Manchester United FC

36.671

16.050

21.285

26.357

2.714

103.078

11Paris Saint-Germain

14.150

9.100

27.350

26.700

23.150

100.450

12Borussia Dortmund

10.133

10.050

33.585

24.942

21.000

99.711

13Valencia CF

21.642

25.171

22.542

26.600

3.271

99.228

14FC Zenit

18.183

19.950

14.950

18.083

17.900

89.066

15Juventus

8.314

2.271

25.883

25.833

26.233

88.535

16Bayer 04 Leverkusen

16.133

19.050

12.585

18.942

21.000

87.711

17Manchester City FC

16.671

20.050

10.285

22.357

17.714

87.078

18FC Shakhtar Donetsk

26.016

9.550

18.900

12.566

18.700

85.733

19FC Basel 1893

10.180

20.200

17.675

20.440

16.380

84.875

20Tottenham Hotspur FC

24.671

10.050

19.285

18.357

11.714

84.078

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Antara/Bisnis.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper