Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PSSI DIBEKUKAN: Ini Penjelasan Resmi Kemenpora

Kementerian Pemuda dan Olahraga memberikan sanksi administratif dan tak mengakui seluruh kegiatan yang diselenggarakan oleh Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia.
PSSI/wikipedia.org
PSSI/wikipedia.org

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga memberikan sanksi administratif dan tak mengakui seluruh kegiatan yang diselenggarakan oleh Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia.

Sanksi itu tertuang dalam surat keputusan Menteri Pemuda dan Olahraga No. 0137/2015 tentang Pengenaan Sanksi Administratif Berupa Kegiatan Keolahragaan PSSI Tidak Diakui.

Keputusan itu mengacu pada Peraturan pemerintah No. 16/2007 tentang Penyelenggaraan Keolahragaan.

Selain itu, dalam surat yang ditandatangani Menpora Imam Nachrawi, PSSI disebut telah mengabaikan dan tak mematuhi kebijakan pemerintah melalui kebijakan tetulis yang telah dikirmkan sebanyak tiga kali.

Berikut poin keputusan pemerintah:

1. Pengenaan sanksi administratif kepada PSSI yang selanjutnya disingkat sanksi administratif berupa kegiatan keolahragaan yang bersangkutan tidak diakui.

2. Dengan pengenaan sanksi administratif, maka seluruh kegiatan PSSI tidak diakui oleh pemerintah, oleh karenanya setiap keputusan dan tindakan yang dihasilkan oleh PSSI termasuk keputusan Kongres Biasa dan Kongres Luar Biasa tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat, tidak sah, dan batal demi hukum bagi organisasi, pemerintah pusat dan daerah maupun pihak-pihak terkait.

3. Dengan sanksi administratif, seluruh jajaran pemerintahan pusat maupun daerah, termasuk Kepolisian Negara Republik Indonesia, tidak dapat memberikan pelayanan dan fasilitasi kepada kepengurusan PSSI dan seluruh kegiatan kekeolahragaannya.

4. Pemerintah akan membentuk tim transisi yang mengambil alih hak dan kewenangan PSSI sampai dengan terbentuknya kepengurusan PSSI yang kompeten sesuai dengan mekanisme organisasi dan statuta FIFA. Persiapan tim nasional untuk menghadapi Sea Games 2015 harus berjalan dan pemerintah, bersama KONI dan KOI akan menjalankan persiapan timnas bersama Program Indonesia Emas (PRIMA). Seluruh pertandingan Indonesia Super League, Divisi Utama, Divisi I, II, dan III tetap berjalan sebagaimana mestinya dengan supervisi KONI dan KOI bersama Asprov PSSI dan klub setempat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper