Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KUALIFIKASI EURO 2016: Hiddink Tetap Yakin Belanda Lolos ke Prancis

Pelatih Timnas Belanda Guus Hiddink menyatakan skuat Oranje tetap akan lolos ke putaran final Piala Eropa (Euro) 2016 di Prancis meskipun saat ini masih menghuni peringkat ketiga dalam klasemen sementara Grup babak kualifikasi.
Pelatih Timnas Belanda Guus Hiddink/Reuters
Pelatih Timnas Belanda Guus Hiddink/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih Timnas Belanda Guus Hiddink menyatakan skuat Oranje tetap akan lolos ke putaran final Piala Eropa (Euro) 2016 di Prancis meskipun saat ini masih menghuni peringkat ketiga dalam klasemen sementara Grup babak kualifikasi.

Langkah Timnas Belanda tersandung di hadapan pendukung sendiri di Amsterdam Arena setelah ditahan imbang dengan skor 1-1, bahkan nyaris kalah kalau saja Klaas-Jan Huntelaar tidak mencetak gol pada injury time babak kedua.

Kalau saja Huntelaar tidak mencetak gol balasan pada waktu ekstra tersebut, itu akan menjadi kekalahan perdana Timnas Belanda yang terjadi di kandang sendiri sepanjang babak kualifikasi Euro 2016.

Runner up Piala Dunia tiga kali dan juara Piala Eropa 1988 itu saat ini menempati peringkat ketiga Grup A dan baru mengoleksi nilai 7 hasil dua kemenangan, sekali seri, dan dua kali menelan kekalahan. Nilai tersebut jauh di bawah Eslandia yang berada di peringkat kedua dengan nilai 12 dan Republik Ceska di posisi teratas dengan nilai 13.

“Tentu saja, kita akan lolos meskipun saya belum tahu bagaimana caranya,” ungkap Hiddink, yang juga pernah melatih Timnas Belanda pada 1994-1998, serta pernah melatih sejumlah tim nasional negara lain yakni Korea Selatan, Australia, Rusia, dan Turki, yang terakhir menahan imbang Belanda.

Hiddink memulai perjalanan tim asuhannya di kualifikasi Euro 2016 dengan hasil yang mengenaskan karena dua kali kalah dalam tiga laga pertama yaitu 1-2 dari Republik Ceska dan 0-2 dari Eslandia. Hasil itu, yang diselingi kemenangan 3-1 atas Kazakhstan, membuat Hiddink mendapat tekanan.

Setelah ditahan seri 1-1 oleh Turki, sebuah website terkemuka di Belanda mulai melakukan jajak pendapat apakah Hiddink masih pantas bertahan menangani ataukah lebih baik meninggalkan skuat Oranje.

Namun pelatih berusia 68 tahun itu mencoba membela diri. “Selalu sulit melawan tim seperti Turki. Mereka bukan tim yang buruk. Posisi mereka di klasemen sementara bukan cerminan kemampuan mereka yang sebenarnya.”

Turki, yang dibesut oleh Fatih Terim, mantan pelatih klub Serie A Italia AC Milan dan Fiorentina, saat ini menempati peringkat kelima klasemen sementara Grup A dengan nilai 5 hasil dari satu kali menang, serta masing-masing dua kali seri dan kalah.

Hiddink akan mencoba meredakan tekanan ketika skuat asuhannya menjalani pertandingan persahabatan melawan Spanyol yang merupakan juara bertahan Euro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper