Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HASIL TIMNAS U-23 VS TIMOR LESTE: Evan Dimas Menang Besar (Kualifikasi Grup H Piala AFC U-23)

HASIL TIMNAS U-23 VS TIMOR LESTE: Kualifikasi Grup H Piala AFC U-23, Korsel Menang Besar
Suporter Timnas Indonesia/Antara
Suporter Timnas Indonesia/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Timnas Indonesia pesta gol ke gawang dengan menundukkan 5-0 atas timnas Timor Leste pada pertandingan pertama kualifikasi Piala AFC U-23 Grup H di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat malam.

Anak asuh Aji Santoso itu mampu mencetak lima gol tanpa balas melalui lima pemain berbeda. Gol pertama timnas dicetak oleh Adam Alis menit 17, berikutkan dicetak Manahati Lestusen menit 45, Evan Dimas menit 50, Muchlis Hadi Ning Syaifulloh menit 65 dan Hansamu Yama menit 85. 

Pada pertandingan pertama dan mengandalkan mantan pemain Timnas Indonesia U-19, Timnas Garuda Muda berusaha mendominasi permainan sejak awal babak pertama. Barisan pemain muda ini ternyata langsung mampu memberikan tekanan sehingga Timor Leste sulit berkembang.

Dituntut meraih hasil maksimal, Evan Dimas terus berusaha memecah kebuntuan. Akhirnya Adam Alis mampu membawa timnas unggul setelah tendangan jarak jauhnya mampu mengecok penjaga gawang lawan.

Mampu unggul 1-0 bukan berarti anah asuh Aji Santoso langsung mampu dominan. Justru Timor Leste mampu bangkit dan sering kali mengancam pertahanan Timnas Indonesia. Hanya saja upaya untuk menyamakan kedudukan belum terealasasi.

Terus mendapatkan tekanan, anak asuh Aji Santoso tetap bermain tenang. Tekanan demi tekanan terus dilakukan. Berawal dari tendangan bebas Evan Dimas, Muchlis Hadi Ning Syaifulloh dilanggar oleh pemain belakang Timor Leste.

Kondisi ini membuat wasit menunjuk titik putih. Manahati Lestusen yang ditunjuk algojo sukses menjalankan tugasnya sehingga membawa timnas unggul 2-0. Kondisi ini bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Timnas Garuda Muda menerapkan pola serangan cepat. Tekanan demi tekanan terus dilakukan dan langsung menusuk kepertahanan lawan meski lawan juga tidak kalah gesit untuk menahan.

Upaya Timor Leste bertahan ternyata tidak menyusutkan anak asuh Aji Santoso untuk menekan. Hasilnya Evan Dimas mampu menambah keunggulan pada menit 50 setelah mampu melesatkan bola dari sisi kanan gawang lawan.

Mampu unggul jauh, timnas tetap bermain dengan tempo cepat. Permainan kaki ke kaki terus diperagakan. Kondisi ini membuat pemain Timor Leste cenderung bermain keras sehingga mengganggu pergerakan pemain Timnas Indonesia.

Berawal dari kemelut didepan gawang Ramos Saozinho, Muchilis Hadi Ning Syaifulloh akhirnya mampu mencatataknya namanya dipapan skor setelah sontekannya tidak mampu dibendung penjaga gawang lawan pada menit 65.

Empat nama mampu mencetak gol ternyata memacu pemain belakang ikut serta menyumbangkan gol. Kini giliran Hansam Yama yang mampu memperdayai kiper lawan pada menit 85 dan membawa timnas unggul 5-0.

Gol yang diciptakan pemain belakang Barito Putra membuat pendukung fanatik timnas bersorak. Terompetpun terus bersautan hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir. 

Timnas U-23 harus mencapai hasil maksimal vs Timor Leste karena pada pertandingan sebelumnya Korsel menang besar atas Brunei Darussalam dengan skor 5-0 di stadion yang sama. Dengan hasil itu, timnas U-23 dan Korsel memimpin klasemen kualifikasi Grup H Piala AFC U-23 dengan poin tiga.

Salah satu pemain yang dipandang bisa menjadi motor serangan U-23 pada laga vs Timor Leste di ajang Kualifikasi Piala AFC U-23 adalah Evan Dimas Darmono, eks kapten timnas U-19. Pecinta sepak bola nasional tentu menunggu gol-gol indah dari seorang Evan Dimas (foto: Antara).

HASIL TIMNAS U-23 VS TIMOR LESTE: Evan Dimas Menang Besar (Kualifikasi Grup H Piala AFC U-23)

SUSUNAN PEMAIN

Indonesia: Natshir Fadhil; Putu Gede, Hansamu Yama, Manahati Lestusen, Abduh Lestaluhu; Adam Alis, Evan Dimas, Zulfiandi; Wawan Febrianto, Muchlis Hadi, Ilham Udin.

Timor Leste: Ramos Ribeiro; Raimundo Sarmento, Jorge Sabas, Filipe Oliveira, Agostinho, Ndio Neto; Jesus Reis, Jose Fonseca, Alves Ima; Januario, Henrique Cruz.

Pelatih Timor Leste, Fabio Joaquim Marciel di Jakarta, Kamis, mengatakan meski timnya akan memberikan kejutan pada tim tuan rumah Indonesia pihaknya tidak melakukan persiapan khusus pada pertandingan perdana nanti.

"Sekarang kami hanya siap menatap laga ke depan dan tidak melihat kebelakang lagi. Yang jelas kami meminta pada pemain untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya," katanya di sela-sela jumpa media di Hotel Sultan Senayan, Jakarta.

Selama ini, Timor Leste selalu mendapatkan hasil kurang maksimal selama bertemu Indonesia. Hanya saja khusus untuk kualifikasi Piala AFC U-23 Grup H, Timor Leste telah menyiapkan tim terbaik dan sudah disiapkan cukup lama.

Pada pertemuan terakhir di Asian Games 2014, bahkan negara yang sebelumnya bagian dari Indonesia itu harus mengakui keunggulan Timnas Garuda Muda dengan skor yang cukup telak yaitu 0-7.

"Kami cukup percaya diri untuk menghadapi pertandingan nanti. Kami melihat semua tim mempunyai peluang yang sama untuk lolos ke babak berikutnya. Kami akan berusaha," katanya menambahkan.

Keinginan Timor Leste untuk memberikan kejutan ditanggapi dengan dingin oleh pelatih Timnas Indonesia, Aji Santoso.  Menurut dia, demi meraih hasil terbaik pada kualifikasi ini pihaknya telah menyiapkan tim terbaik.

Pelatih asal Malang, Jawa Timur itu bahkan mengaku persiapan untuk menghadapi pertandingan pertama melawan Timor Leste sudah dilakukan meski pihaknya belum mengetahui dengan detail kekuatan calon lawannya.

"Memang sulit untuk mencari video lawan. Tapi itu tidak akan menjadi masalah. Kami siap dengan cara kita sendiri," kata mantan pelatih tim Persebaya, Surabaya itu.

Secara umum, kata dia, kekuatan calon merata. Timor Leste yang akan menjadi lawan pertama dikenal dengan tim dengan kekuatan pemain muda. Kondisi ini akan diwaspadai meski tim telah siap untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Setelah melawan Timor Leste, Timnas Garuda Muda pada pertandingan selanjutnya akan menghadapi Brunei Darussalam, Minggu (29/3) dan terakhir menghadapi Korea Selatan, Selasa (31/3). 

KORSEL VS BRUNEI 5-0

Korea Selatan (Korsel) menunjukkan kelasnya sebagai tim favorit dalam babak kualifikasi Grup H Kejuaraan Sepak Bola Piala AFC U-23 dengan mengalahkan Brunei Darussalam 5-0 pada pertandingan pertama, Jumat.

Dalam pertandingan di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta itu dominasi tim asuhan Shin Tae Tong itu sudah terlihat sejak awal babak pertama.

Saat pertandingan baru berjalan empat menit, gelombang serangan Korsel menghasilkan gol pertama lewat Sim Sangmin.

Unggul satu gol membuat para pemain Korsel lebih tenang dalam menyusun serangan, sementara Brunei cenderung lebih banyak bertahan. Dengan hanya mengandalkan striker Mohammad Shafie di depan, Brunei sulit melakukan serangan balik.

Setelah beberapa kali mendapat peluang emas, Korsel akhirnya menambah gol melalui Jung Seunghyun pada menit 25.

Menit ke-36, gawang Brunei yang dijaga kiper Ahsanudin kebobolan lagi. Kali ini oleh penalti Kim Hyun, setelah terjadi handball di kotak penalti Brunei.

Babak kedua, Brunai belum bisa lepas dari tekanan.

Menit ke-56 Korsel kembali mendapat hadiah penalti yang dapat diselesaikan dengan mudah oleh Kwoon Chaihoon. 

Korsel menambah keunggulan menjadi 5-0 pada menit ke-76 melalui tendangan first time Jang Hyunsoo yang tidak terjaga di kotak penalti.

Susunan pemain:

Korea Selatan: Lee Chang Geun; Sim Sangmin, Yeon Jeimin, Woo Jusung, Lee ChangMin, Kim Hyun/Lee Hando, Ahn Hyun Beom/Lee Gwanghyeok, Lee Yeongjae, Jang Hyunsoo, Kwon Changhoon/Moo Changjin, Jung Seunghyun.

Brunei:  Ahsanudin; Mohd Nuur Azees, Mohd Asnawi Syazni, Md Khairil, Suhaimi Anak Salau, Ak Yura Indera, Muhammad Nur Ikhmal, Muhammda Nadzri, Mohd Abd Halim/AtTawab bin Ali Rahman, Muhd Saiful Ammar, Mohammda Shafie/Muhaimin Rosmalee. (Bisnis.com/Antara)

SIMAK JUGA JADWAL 8 BESAR LIGA CHAMPIONS EROPA:

Berikut hasil pengundian jadwal pertandingan babak 8 besar alias perempatinal Liga Champions yang akan dimainkan pada 15, 16, 22, dan 23 April yang dilansir www.uefa.com:

Leg Pertama:

15 April

16 April

Leg Kedua:

22 April

23 April

Peringkat 20 Besar Klub Versi UEFA (20 Maret 2015)

KLUB

 

POIN

1Real Madrid CF

ESP

166.228

2FC Barcelona

ESP

154.228

3FC Bayern München

GER

149.711

4Chelsea FC

ENG

142.078

5Club Atlético de Madrid

ESP

119.228

6SL Benfica

POR

118.209

7FC Schalke 04

GER

111.711

8Arsenal FC

ENG

110.078

9FC Porto

POR

109.209

10Manchester United FC

ENG

103.078

11Paris Saint-Germain

FRA

100.450

12Borussia Dortmund

GER

99.711

13Valencia CF

ESP

99.228

14FC Zenit

RUS

89.066

15Bayer 04 Leverkusen

GER

87.711

16Manchester City FC

ENG

87.078

17Juventus

ITA

86.535

18FC Shakhtar Donetsk

UKR

85.733

19FC Basel 1893

SUI

84.875

20Tottenham Hotspur FC

ENG

84.078

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Antara/Bisnis.com

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper