Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SAMUEL ETO'O Dianugerahi Medali Toleransi

Mantan striker Timnas Kamerun Samuel Etoo dianugerahi Medali Toleransi dari Dewan Eropa untuk Tolernasi dan Rekonsiliasi (ECTR) pada jamuan makan malam di Istana Kensington, London, yang menjadi tempat tinggal Pangeran William dan istrinya Kate.
Samuel Eto'o/Reuters
Samuel Eto'o/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan striker Timnas Kamerun Samuel Eto’o dianugerahi Medali Toleransi dari Dewan Eropa untuk Tolernasi dan Rekonsiliasi (ECTR) pada jamuan makan malam di Istana Kensington, London, yang menjadi tempat tinggal Pangeran William dan istrinya Kate.

Dalam kesempatan itu, dewan tersebut memperingatkan bahwa prasangka masih menyelimuti permainan sepak bola di Eropa.

Eto'o, 34 tahun, yang kini bermain untuk Sampdoria di Italia, terkenal dengan menirukan berjalan seperti kera dalam sebuah pertandingan di Spanyol untuk mengejek perlakuan rasis yang diterimanya.

"Tahun lalu sangat menantang bagi sepak bola dalam arti kebencian dan rasisme. Sebagai pesepak bola, kami perlu menegakkan sandaran moral karena kami disaksikan penonton dan mesti menjadi teladan bagi toleransi dalam masyarakat multiras yang saya diwakili baik sekali oleh sepak bola," ungkap pemain terbaik Afrika empat kali itu.

ECTR, yang anggotanya adalah para mantan presiden dan perdana menteri, adalah LSM yang didirikan pada 2008 untuk mempromosikan kesaling-pengertian antarmasyarakat dan memonitor xenofobia di Eropa yang anggotanya adalah para mantan presiden dan perdana menteri.

Eto'o memulai karier bersama Real Madrid namun terkenal sejak bergabung dengan Barcelona, sebelum pindah ke Inter Milan, Chelsea, dan Everton.

Pada 2005 ketika bermain untuk Barcelona, Eto'o diejek oleh para pendukung Real Zaragoza yang berteriak seperti kera kapan pun Eto'o membawa bola.

Tahun berikutnya, ketika dia lagi-lagi diejek pendukung Zaragoza, Eto'o keluar lapangan dan berkata kepada wasit bahwa dia tak bisa melanjutkan pertandingan sebelum rekan-rekan satu timnya membujuk dia untuk menyelesaikan pertandingan.

Eto'o sudah tiga kali menjuarai Liga Champions, empat juara liga domestik dan Piala Dunia Antarklub.

Kini pensiun dari timnas, dia menjadi pencetak gol terbanyak Kamerun dengan 56 gol dari 118 kali memperkuat timnas, dan dua kali menjuarai Piala Afrika serta sata kali medali emas Olimpiade. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/AFP
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper