Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Latihan Timnas U-22 Perkuat Penguasaan Bola, Ini Alasannya

Latihan Timnas U-22 Perkuat Penguasaan Bola, Ini Alasannya
Pelatih Timnas U-22 Aji Santoso /Antara
Pelatih Timnas U-22 Aji Santoso /Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Memasuki pemusatan latihan nasional tahap ketiga, pelatih tim nasional usia di bawah 22 tahun (timnas U-22), Aji Santoso, berusaha mematangkan permainan tim. Para pemain didrill agar terbiasa mempertahankan penguasaan bola.

"Tadi kami berlatih belum begitu keras karena anak-anak baru datang ke pemusatan latihan tadi malam," kata Aji seusai memimpin sesi latihan yang berlangsung di Lapangan Sutasoma 77 Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Senin, 2 Maret 2015.

Aji berusaha memperkuat penguasaan bola dan juga small set game. "Mungkin nanti kalau sudah lengkap barulah setiap latihan mengarah ke pertandingan uji coba melawan vietnam," kata dia. Uji coba melawan Vietnam akan digelar pada 8 Maret mendatang.

Aji menjelaskan, dirinya selalu menekankan kepada pemain untuk membedakan antara umpan dari pemain belakang ke tengah, dengan umpan dari pemain tengah ke depan. "Mereka harus paham dan mengerti bagaimana mengerti cara meminta dan memberi umpan. Kalau itu sudah teratasi, saya kira serangan kami akan lebih bervariasi," ujarnya.

Menurut Aji, menanamkan kebiasaan macam itu membutuhkan waktu agar terjadi automatisasi saat pertandingan. "Itulah sebabnya, di dalam latihan saya selalu menghentikan proses setiap terjadi kesalahan dalam pergerakan maupun memberi umpan," ujarnya. "Selain di lapangan, saya juga menerapkan visualisasi dengan video di kelas. Saya berharap agar pemain-pemain cepat mengerti. Mereka berada di kelas sekali sampai dua kali sepekan."

Aji mengatakan dirinya ingin agar tim bermain tidak hanya bagus, tapi juga bisa memenangi pertandingan. "Itu akan lebih sempurna," ujarnya. "Memang masih ada beberapa hal yang perlu saya perbaiki, terutama anak-anak tidak boleh terlalu cepat kehilangan bola ketika sedang berada di bawah tekanan. Aliran bola juga harus cepat dan mereka harus berani mengumpan di antara lawan."

Menurut Aji, ihwal penguasaan bola ini harus ia tekankan berulang-ulang di awal pemusatan latihan kali ini karena sejak pemusatan latihan nasional tahap dua di Sidoarjo 1-18 Februari lalu, tim belum berkumpul kembali. "Sekarang kami memiliki kesempatan cukup lama; hampir satu bulan. Ini yang benar-benar saya manfaatkan agar anak-anak bisa maksimal di event nanti," ujarnya

Latihan hari pertama kemarin baru diikuti 17 dari 23 pemain yang dipanggil. "Yang lain masih ada uji coba klub, tapi hari kedua mereka akan sudah akan bergabung dan berlatih bersama," kata Aji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper