Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA DUNIA 2018: Rusia Terancam Gagal

Rusia harus kehilangan hak untuk menjadi tuan rumah Piala DUnia 2018 kecuali Presiden Vladimir Putin berhenti mendestabilisasi Ukraina.
Presiden FIFA Sepp Blatter menyerahkan bola kepada Presiden Rusia Vladimir Putin/Reuters
Presiden FIFA Sepp Blatter menyerahkan bola kepada Presiden Rusia Vladimir Putin/Reuters

Bisnis.com, LONDON - Rusia harus kehilangan hak untuk menjadi tuan rumah Piala DUnia 2018  kecuali Presiden Vladimir Putin berhenti mendestabilisasi Ukraina.

 

Wakil Perdana Menteri Inggris Nick Clegg mengatakan pada  Minggu (27/7/2014) untuk memperingatkan dunia akan terlihat lemah jika tidak ada tindakan.

Clegg, politisi paling senior Inggris untuk meminta tindakan tersebut,  mengatakan  perilaku Putin  terhadap Ukraina "di luar batas" dan telah mencapai "titik kritis".

Dia berbicara saat pertempuran di sekitar lokasi MH17pesawat Malaysia yang jatuh  di Ukraina timur pada  17 Juli, mencegah kunjungan  para ahli internasional dan karena itu Uni Eropa membebani sanksi baru terhadap Rusia.

"Jika ada satu hal yang Vladimir Putin peduli, sejauh yang saya lihat, itu soal status," kata Clegg koran Sunday Times.

"Mungkin mengingatkannya bahwa Anda tidak dapat mempertahankan status yang sama di dunia jika Anda mengabaikan seluruh dunia, mungkin itu akan memiliki beberapa efek pada pemikirannya."

Intervensi oleh Clegg, pemimpin Partai Demokrat Liberal, mitra junior dalam koalisi dua partai Inggris, memberikan tekanan pada Perdana Menteri David Cameron, pemimpin Partai Konservatif yang berkuasa, untuk memperjelas posisinya tentang masalah tersebut.

Seorang juru bicara  Cameron mengatakan kepada Reuters pemimpin Inggris tidak mendukung mengambil Piala Dunia dari Rusia pada tahap ini, tetapi mengisyaratkan posisinya bisa berubah.

"Perdana menteri tidak percaya kita akan mencapai segera untuk boikot, tetapi juga tidak mengherankan, mengingat perilaku Rusia, bahwa orang-orang mulai mengangkat masalah ini," kata juru bicara itu.

"Ini menunjukkan pentingnya Rusia  berubah, sebelum pengertian internasional rusak lebih jauh."

Clegg mengatakan terserah Putin untuk mengubah kebijakan terkait Ukraina. "Dia (Putin) tidak bisa terus-menerus, Anda tahu, mendorong kesabaran masyarakat internasional di luar titik pelanggaran, mengguncang negara tetangga, melindungi  separatis bersenjata di timur Ukraina dan tetap memiliki hak dan kehormatan menerima semua penghargaan pada  2018 untuk menjadi negara tuan rumah Piala Dunia, "kata Clegg.

FIFA tidak setuju

Beberapa politisi Jerman juga menyerukan Rusia untuk kehilangan hak untuk menjadi tuan rumah turnamen, tetapi FIFA, organisasi  yang mengatur  sepak bola dunia, sejauh ini menolak tuntutan, mengatakan kompetisi bisa "kekuatan untuk kebaikan".

Hampir 200 warga Belanda tewas dalam insiden itu dan asosiasi sepak bola Belanda telah mengatakan akan bertemu pada waktunya untuk memutuskan apakah akan mengambil bagian dalam kompetisi kualifikasi untuk putaran final di Rusia.

Politisi Barat telah mengambil garis yang semakin sulit di Rusia sejak jatuhnya MH17, menuduh Moskow mempersenjatai kelompok separatis di sanaRusia menyangkal.

Clegg mengatakan dunia akan terlihat lemah dan tidak tulus jika  memungkinkan Rusia untuk menggelar Piala Dunia tanpa perubahan, tentu saja dengan Putin di Ukraina.

"Anda tidak dapat memiliki ini - permainan indah dirusak oleh agresi jelek Rusia di perbatasan Rusia-Ukraina," katanya.

Oposisi Partai Buruh Inggris juga mengatakan penghapusan Piala Dunia di Rusia  harus menjadi pilihan jika keterlibatannya dalam jatuhnya MH17 terbukti dan jika Putin tidak mengubah arah.

"FIFA harus mempertimbangkan kontinjensi sekarang dan diskusi apapun harus  dilakukan dengan cepat, sehingga jika diperlukan, rencana alternatif akan berada di tempat pada waktunya untuk tim dan penggemar di seluruh dunia."

 

Douglas Alexander, juru bicara Partai Buruh pada urusan luar negeri, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Inggris, yang merupakan rumah bagi banyak orang Rusia kaya, Sabtu mengatakan  pikir itu sangat mungkin bahwa MH17 ditembak jatuh dari wilayah separatis yang dikendalikan dengan sistem rudal yang disediakan oleh Moskow.

Duta Besar Rusia untuk Inggris mengatakan Moskow hanya menyediakan bantuan kemanusiaan kepada separatis. Dia mengatakan tidak ada bukti keterlibatan negaranya.

Clegg juga mengatakan Rusia seharusnya tidak diperbolehkan untuk menjadi tuan rumah Formula Satu Grand Prix pada  Oktober 2014, tapi bos F1 Bernie Ecclestone mengatakan  acara akan jalan  seperti yang direncanakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper