Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA DUNIA 2014: Inilah Daftar Pemain Brasil

Pelatih tim nasional Brazil Luiz Felipe Scolari para Rabu mengungkapkan 23 pemain yang ia yakini dapat mengantarkan gelar Piala Dunia keenam menjelang ajang tahun ini yang akan dimulai pada 12 Juni di negara mereka sendiri.
Neymar masuk dalam tim nasional Brasil/JIBI
Neymar masuk dalam tim nasional Brasil/JIBI

Bisnis.com, RIO de JANEIRO -  Pelatih tim nasional Brazil Luiz Felipe Scolari para Rabu mengungkapkan 23 pemain yang ia yakini dapat mengantarkan gelar Piala Dunia keenam menjelang ajang tahun ini yang akan dimulai pada 12 Juni di negara mereka sendiri.

Setelah memimpin tim negara tersukses sepanjang sejarah turnamen itu dengan meraih gelar kelima di Jepang pada 2002, Scolari sekarang harus menghapus hantu tahun 1950, ketika Selecao kalah dari Uruguay di Rio.

Daftarnya tidak memperlihatkan kejutan besar, meski penyerang AC Milan Robinho (92 kali penampilan di timnas) tidak dipanggil bersama dengan mantan pemain terbaik dunia Ronaldinho (97 penampilan), dan Kaka (87 penampilan), hal yang serupa seperti saat ia mengabaikan Romario lebih dari satu dekade silam.

Robinho tidak dipanggil meski ia tampil menghadapi Chile pada pertandingan persahabatan sebelumnya.

Dengan situasi Scolari selama berbulan-bulan telah mengatakan bahwa ia telah membayangkan siapa yang akan dipilihnya, hanya satu atau dua pengecualian, fokusnya adalah pada siapa yang akan menjadi pelapis untuk sebelas pemain yang mengalahkan juara dunia Spanyol pada Piala Konfederasi tahun lalu.

Untuk lapisan kedua, pemain Paris St Germain Maxwell menyingkirkan Filipe Luis dari Atletico Madrid, sedangkan bek veteran Maicon menyingkirkan pemain Bayern Munich Rafinha, meski Rafinha tampil pada pertandingan persahabatan Maret melawan Afrika Selatan.

Henrique dari Napoli, yang baru-baru ini menjuarai Piala Italia, juga mendapatkan tempat di lini tengah. Scolari kemudian melengkapi kontingennya dengan Fernandinho dari Manchester City dan juga pemain Inter Milan Hernanes.

Scolari telah menunjuk empat calon kaptennya yakni pemain bertahan Tiago Silva dan David Luiz, penyerang veteran Fred dari Fluminense, dan kiper Julio Cesar, meski Cesar sekarang masih berkompetisi di Liga AS bersama Toronto FC.

Pada 2002, Scolari menggunakan formasi 3-4-3 dengan mengandalkan Ronaldo sebagai ujung tombak.

Namun saat ini ia dan koordinator teknik Carlos Alberto Parreira akan berharap pada permutasi 4-2-3-1, dengan ide bahwa Neymar dari Barcelona dapat menikmati peran yang bebas.

Hanya empat pemain yang berasal dari klub-klub Brazil - kiper cadangan Jefferson dan Victor, serta dua penyerang Fred dan Jo. Jo pernah bermain di Liga Utama Inggris bersama Manchester City dan Everton.

Scolari dapat memanggil 30 pemain sebelum kemudian memangkasnya pada 2 Juni.

Namun Konfederasi Sepak Bola Brazil telah mengindikasikan menjelang Rabu, bahwa ia gembira dapat menunjuk tim finalnya sekarang untuk persiapan menjelang pertandingan fase grup melawan Kroasia, Meksiko, dan Kamerun.

Scolari sekarang akan menyambut timnya pada akhir Mei di kompleks latihan Granja Comary di luar kota Terespolis, yang berjarak sekitar satu jam dari Rio.

Ia kemudian akan memantau mereka pada 3 Juni pada pertandingan persahabatan melawan Panama di Goiana, dan pemanasan terakhir melawan Serbia tiga hari kemudian di Stadion Morumbi di Sao Paulo, sebelum Piala Dunia dimulai di Corinthians Arena pada 12 Juli.

Tim Brazil

Kiper: Julio Cesar (Toronto FC/Kanada), Jefferson (Botafogo), Victor (Atletico Mineiro)

Bek: Dante (Bayern Munich/Jerman), David Luiz (Chelsea/Inggris), Henrique (Napoli/Italia), Thiago Silva (PSG), Daniel Alves (Barcelona/Spanyol), Maicon (Roma/Italia), Marcelo (Real Madrid/Spanyol), Maxwell (Paris St Germain/Prancis)

Gelandang: Fernandinho (Manchester City/Inggris), Hernanes (Inter Milan/Italia), Luiz Gustavo (Wolfsburg/Jerman), Oscar (Chelsea/Inggris), Paulinho (Tottenham/Inggris), Ramires (Chelsea/Inggris), Willian (Chelsea/Inggris)

Penyerang: Bernard (Shakhtar Donetsk/Ukraina), Fred (Fluminense), Hulk (Zenit Saint-Petersburg/Rusia), Jo (Atletico Mineiro), Neymar (Barcelona/Spanyol). (Antara/AFP)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper